Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 23 Agustus 2017 | 11:25 WIB

Perangi Illegal Fishing, Susi tak Pernah Puas

Oleh : M fadil djailani | Sabtu, 17 Juni 2017 | 01:29 WIB
Perangi Illegal Fishing, Susi tak Pernah Puas
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti - (Foto: inilahcom/Didik Setiawan)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Meski sudah banyak kapal pencuri ikan (Illegal fishing) yang tertangkap dan ditenggelamkan, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengaku belum puas.

Kata pemilik maskapai penerbangan Susi Air ini, praktik pencurian ikan masih akan tetap ada. "Illegal fishing ini nggak bisa dibilang sukses karena masih ada pemulihan ikan dan kesuksesan itu, tidak bisa terwujud lantaran praktik ini masih akan terus berlanjut ke depannya," kata Susi di Kantornya, Jakarta, Jumat (16/6/2017).

Kata Susi, semakin hari semakin banyak saja inovasi, atau modus baru dari para pencuri ikan. Jadi, genderang perang terhadap perang terhadap perilaku illegal fishing harus terus ditabuhkan. "Banyak modus yang digunakan. Misalnya mereka pakai kapal dalam negeri, tapi nelayannya asing. Itu salah satunya," beber Susi.

Sejak menjabat menteri Kelautan dan Perikanan pada Oktober 2014, Susi menelorkan banyak kebijakan yang anti illegal fishing. Dirinya tak segan untuk menenggelamkan kapal-kapal asing yang tertangkap tangan mencuri ikan di perairan Indonesia. Hingga saat ini, sedikitnya 318 kapal sudah ditenggelamkan.

Di mana, kapal-kapal pencuri ikan itu berasal dari berbegai negara, misalnya Vietnam, Filipina, Tiongkok, Malaysia, Thailand, hingga Papua Nugini. [ipe]

 
Embed Widget

x