Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 27 Juni 2017 | 07:04 WIB

Ini Alasan Susi Tenggelamkan Kapal Pencuri Ikan

Oleh : M fadil djailani | Sabtu, 17 Juni 2017 | 06:29 WIB
Ini Alasan Susi Tenggelamkan Kapal Pencuri Ikan
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Urusan menenggelamkan kapal pencuri ikan (illegal fishing), Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti layak masuk sejarah. Lantaran dia adalah menteri yang paling berani.

Secara tegas Susi mengatakan, kapal pencuri ikan yang merugikan negara itu, layak dihilangkan, atau ditenggelamkan. Sikap ini menjadi bukti bahwa Indonesia adalah negara yang sangat anti illegal fishing. "Karena, praktik yang sudah bertahun-tahun melibatkan banyak aparat kita, harus ditangani secara serius. Kalau mau dibetulkan, secara legal hukum, ya harus dimusnahkan (kapal)," kata Susi di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Jakarta, Jumat (16/6/2017)

Menteri perempuan yang akrab dengan perilaku nyentrik ini bilang, selama ini, pemerintah sudah berbaik hati. Sejumlah kapal yang menjadi bukti kejahatan, tidak ditenggelamkan.

"Kalau industri yang dimaksud kapal eks asing ya tidak bisa. Kenapa? Karena kapal itu adalah bukti alat kejahatan. Masa suruh dipakai lagi. Jalan saja tidak boleh. Kita negara Indonesia sudah berbaik hati sama pemilik kapal dari asing ini untuk tidak kita tenggelamkan," ujar Susi.

"Jadi silakan pergi registrasi keluar. Ini yang pejabat Indonesia harus mengerti. Kita sudah sangat baik. Jadi yang tidak tertangkap basah dan udah compliance pada saat disuruh berhenti, ya tidak kita tenggelamkan," kata menteri bertato ini. [ipe]

 
x