Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 20 Oktober 2017 | 15:43 WIB

Pernak-pernik Ramadan

Penjaja Jasa Penukaran Uang Receh Punya Bos Besar

Oleh : M fadil djailani | Sabtu, 17 Juni 2017 | 18:30 WIB
Penjaja Jasa Penukaran Uang Receh Punya Bos Besar
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Mendekati Lebaran, penjual jasa penukaran uang bak jamur di musim penghujan. Khususnya di kawasan bekas Terminal Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Dari pantauan INILAHCOM, mereka menawarkan segepok uang baru pecahan mulai Rp1.000, Rp 5000, hingga Rp 20.000. Para penjaja jasa penukaran uang ini, terlihat berdiri mulai Lebak Bulus hingga perumahan elit, Pondok Indah.

Adalah Basit, salah seorang penjaja jasa penukaran uang yang beroperasi sejak pagi hingga malam. "Kalau yang tukar biasanya yang lewat saja, ada juga yang mau pulang kampung lewat terminal, tapi sekarang belum ramai karena belum dekat masa-masa libur (mudik)," kata Basit, Sabtu (17/6/2017).

Dia menilai para penjual jasa penukaran uang terus bertambah setiap harinya menjelang hari raya, rata-rata mereka adalah orang daerah atau alih profesi yang mengemis rejeki menjelang hari raya.

"Orang daerah rata-rata, mereka juga ingin dapat rejeki saat lebaran nanti ada juga yang alih profesi biasanya usaha apa, sekarang jasa penukaran uang, didalam terminal sudah banyak," katanya.

Lantas dari mana uangnya? Basit dan kawan-kawannya ternyata mendapat stok uang baru dari seorang bandar. Bandar tersebut menyediakan stok uang baru kepada penjaja setiap harinya. "Ada bandarnya, bandar kan nukar langsung di bank. Kalau habis stoknya, bisa minta lagi," ujarnya. [ipe]

Komentar

 
x