Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 27 Juni 2017 | 15:37 WIB

Ruas Tol Jawa Timur Fungsional Saat Lebaran

Oleh : - | Sabtu, 17 Juni 2017 | 09:29 WIB
Ruas Tol Jawa Timur Fungsional Saat Lebaran
(Foto: pu.go.id)
facebook twitter

INILAHCOM, Sidoarjo - Jelang musim mudik Lebaran 2017, Komisi V DPR RI melakukan kunjungan kerja (kunker) ke beberapa ruas Jalan Tol di Jawa Timur mengarah ke Jawa Tengah. Ruas Jalan Tol yang ditinjau pada kunker yang dilaksanakan 15-16 Juni 2017 ini yaitu Ruas Surabaya-Krian (Tol Surabaya-Mojokerto), Krian-Mojokerto, Mojokerto-Jombang, dan Jombang-Solo.

Dirjen Bina Marga, Arie Setiadi Moerwanto, yang turut mendampingi rombongan Komisi V menyampaikan bahwa progres rata-rata pembangunan ruas tol tersebut sudah 80% namun tetap bisa difungsionalkan saat Lebaran. Arie juga memastikan bahwa Tol Surabaya-Mojokerto dapat fungsional pada musim mudik lebaran nanti. Misalnya mulai dari pintu Krian, Sidoarjo, sampai ke Mojokerto.

Lebih lanjut Arie menerangkan, sejumlah ruas tol lainnya masih dalam tahap penyelesaian dan ditargetkan 2018 selesai. Menurutnya, tol fungsional ini dapat membantu mengurai arus lalu lintas yang akan menuju Jawa Tengah.

Khusus untuk Lebaran dibangun rest area sementara di ruas-ruas tol tersebut. Fasilitas yang disediakan yaitu WC darurat, tempat duduk, mushola, dan bensin kemasan. Selain itu, untuk ruas tol yang dikelola Jasa Marga, ada diskon tarif tol sebanyak 20% khusus pengguna e-toll card. Hal ini untuk mendukung program pemerintah terkait penggunaan uang elektronik.

Total panjang ruas tol fungsional di Jawa Timur saat Lebaran 2017 yaitu 197 km. Jumlah ini mengalami peningkatan dari tahun 2016 yaitu 100 km.

Pimpinan Komisi V Fary Djemi Francis, dalam kunjungannya menyampaikan agar rambu-rambu diinformasikan secara jelas kepada pengendara jika ruas-ruas tol tersebut sudah difungsikan. [pu.go.id]

 
x