Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 24 November 2017 | 07:22 WIB

Tahun Depan, Lapangan Banteng Kerek Dana Desa 10%

Oleh : M Fadil Djaelani | Rabu, 21 Juni 2017 | 16:48 WIB
Tahun Depan, Lapangan Banteng Kerek Dana Desa 10%
Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan, Boediarso Teguh Widodo - (Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Keuangan memastikan adanya kenaikan alokasi dana desa 2018 sebessar 10% dari pagu anggaran 2017 yang sebesar Rp60 triliun.

Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan, Boediarso Teguh Widodo mengatakan, kenaikan alokasi dana desa sesuai dengan UU Nomor 6 Tahun 2014. Bahwa alokasi dana desa naik 10% dari Apen.

"Kebijakan yang baru kita akan meningkatkan anggaran dana desa sampai 10% dari dan di luar transfer ke daerah sesuai amanat UU Nomor 6," kata Boediarso di Gedung DPD, Jakarta, Rabu (21/6/2017).

"Pada 2018, porsi antara pemerataan dan keadilan ditunjukan dengan persentase alokasi dasar, tetapi akan memperbesar bobot dari pada 4 kriteria, jumlah penduduk, jumlah penduduk miskin, luas wilayah, dan tingkat kesulitan geografis," tambah Boediarso.

Selain itu pemerintah pusat juga akan lebih memperketat penyaluran dana desa berdasarkan kinerja desa tersebut, agar lebih tepat sasaran dan memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat desa.

"Kebijakan penyaluran berdasarkan kinerja penyerapan dan output, memindahkan penyaluran ke KPPN, memudahkan koordinasi dengan pemda, terakhir penggunakan refocusing untuk pembangunan dan pemberdayaan manusia," kata Boediarso.

Tak hanyai itu, pengalokasian juga akan dilakukan pada desa sangat tertinggal dan desa tertinggal, lalu desa yang berada di lokasi tertinggal, perbatasan, dan kepulauan. [ipe]

Komentar

 
x