Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 18 November 2017 | 02:24 WIB

Jonan Tambah Penikmat Subsidi Setrum Jadi 6,5 Juta

Oleh : - | Kamis, 22 Juni 2017 | 02:29 WIB
Jonan Tambah Penikmat Subsidi Setrum Jadi 6,5 Juta
Menteri ESDM Ignasius Jonan - (Foto: Inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Menteri ESDM Ignasius Jonan bilang, penerimna subsidi listrik golongan 900VA bakal ditambah. Selanjutnya akan diajukan dalam pembahasan RAPBN-Perubahan 2017.

"Ada tambahan 2,4 juta pelanggan 900 VA yang sedang diverifikasi apakah mereka ini juga perlu mendapatkan subsidi," ujar Jonan kepada wartawan di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Jakarta, Rabu (21/6/2017).

Sebelumnya, jumlah penerima subsidi 900VA sebanyak 23 juta orang. Setelah dilakukan survei dan verifikasi ditemukan bahwa 19 juta pelanggan tak layak menikmati subsidi. Dengan kata lain, hanya 4,1 juta pelanggan yang dinyatakan layak.

Masih kata Jonan, dari hasil verifikasi diperkirakan ada tambahan 2,4 juta pelanggan. Sehingga bila mereka juga dinilai perlu mendapatkan subsidi, maka akan menjadi sekitar 6,5 juta pelanggan. Hal ini bakal diusulkan dalam pembahasan RAPBN-P 2017 dengan Komisi VII DPR.

Dengan kenaikan jumlah pelanggan 900 VA yang bakal menerima subsidi, dinyatakannya, maka diperkirakan juga akan ada kenaikan alokasi anggaran untuk subsidi listrik.

Jonan memastikan, tidak akan ada kenaikan tarif listrik lagi pada periode 1 Juli 2017 hingga akhir tahun ini untuk semua golongan, sesuai dengan arahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Terkait pengaduan dari masyarakat, ia mengungkapkan bahwa selain masyarakat yang mengeluhkan pencabutan subsidi, ada pula yang menulis surat secara sukarela bahwa mereka menilai diri mereka tidak perlu disubsidi.

Staf Khusus Menteri ESDM, Hadi M Djuraid menyatakan bahwa data terkait warga yang mampu atau tidak mampu terkait dengan subsidi listrik berada di Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K). "Data masyarakat mampu tidak mampu ada di sana. Kami hanya mengikuti data yang ada di sana," kata Hadi.

Pemerintah melakukan penyesuaian tarif listrik pelanggan 900 VA secara bertahap per dua bulan, yaitu pada 1 Januari, 1 Maret, dan 1 Mei 2017. Untuk pelanggan dengan daya 450 VA yang jumlahnya sekira 23 juta pelanggan tetap mendapatkan subsidi listrik. [tar]

Komentar

 
x