Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 19 November 2017 | 06:00 WIB

Uang Lebaran Banyak Mengalir ke Jawa

Oleh : M Fadil Djailani | Minggu, 25 Juni 2017 | 17:35 WIB
Uang Lebaran Banyak Mengalir ke Jawa
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati - (Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta -- Uang Lebaran tahun ini banyak yang masuk ke Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Yogyakarta. Daerah-daerah ini menikmati keuntungan dari bisnis hotel, tempat wisata, dan kuliner.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di sela acara open house di rumah dinasnya di Jakarta, Minggu (25/6/2017) mengatakan, banyaknya uang yang mengalir ke empat provinsi tersebut lantaran tradisi pulang kampung atau mudik paling besar terjadi di Pulau Jawa.

Menurut Sri, tradisi mudik di hari raya Idul Fitri telah memberikan dampak positif bagi daerah-daerah di luar Jakarta. Maklum, selama ini perputaran uang lebih banyak di Jakarta.

Nah,dengan adanya tradisi mudik Lebaran, uang yang selama ini terkonsentrasi di Jakarta masuk ke daerah-daerah. Hanya saja, uang tersebut lebih banyak mengalir ke Pulau Jawa.

Sri menyambut gembira tumbuhnya tempat usaha, terutama tempat rekreasi dan rumah makan di berbagai daerah. Situasi ini, katanya, memberikan dampak yang baik pada perkonomian di daerah-daerah. Pasalnya, hal itu akan memacu para pemudik lebih banyak membelanjakan uangnya di daerah. Sebagai dampaknya, perputaran uang di daerah-daerah semakin kencang selama libur Lebaran. [lat]

Komentar

 
x