Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 11 Desember 2017 | 20:21 WIB

Transaksi Jumbo Bisnis Online Selama Ramadan

Oleh : - | Senin, 3 Juli 2017 | 17:45 WIB
Transaksi Jumbo Bisnis Online Selama Ramadan
(Foto: Ilustrasi)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Saat ini memang eranya bisnis digital, siapa tak ikut maka akan ketinggalan dan tergilas. Buktinya, terjadi transaksi besar di bisnis online sepanjang Ramadan.

Berdasarkan hasil riset dari JakPat, perilaku belanja online selama Ramadan hingga Idul Fitri 1438 Hijriah, mengalami kenaikan signifikan. Sebanyak 65% responden mengaku berbelanja online 1 hingga 2 kali selama Ramadan. Dari angka ini, generasi milenial (18 tahun hingga 35 tahun), khususnya kelas menengah, adalah kalangan terbesarnya.

"Tingginya penggunaan internet di Indonesia menyebabkan adanya perubahan perilaku berbelanja masyarakat, yang kini lebih cenderung menggunakan situs dan aplikasi belanja online," ujar Corporate Relation JakPat, Ainun Habibah dalam rilis di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Ainun bilang, belanja online menawarkan sejumlah kemudahan, selain harga produknya yang kompeetitif. "Konsumen lebih mengutamakan kepraktisan dan kemudahan yang ditawarkan oleh berbagai perusahaan e-commerce di Indonesia," kata Ainun.

Mengenai platform belanja online yang paling banyak digunakan selama Ramadan, Shopee berada di urutan teratas (49,3%). Dikintili Lazada (20,7%), Tokopedia (16%), Bukalapak (7%), Elevenia (3,2%).

Riset JakPat ini berlangsung 12-17 Juni 2017 dengan melibatkan 1.000 responden dari 34 provinsi di seluruh Indonesia. Lebih dari 94% responden mengakui tiga aspek utama ini sebagai bahan pertimbangan utama mereka dalam memilih destinasi belanja online selama bulan Ramadan, yaitu varian produk yang ditawarkan, promosi diskon Ramadan yang menarik, serta bebas biaya pengiriman.

Adapun lima kategori produk utama yang banyak dicari oleh masyarakat yaitu fashion dan aksesori wanita, gadget dan aksesorinya, pakaian muslim, fashion pria, serta kategori perawatan dan kecantikan. [tar]

Komentar

 
x