Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 24 November 2017 | 07:21 WIB

Bos BI Ingatkan Jokowi Seriusi Inflasi Tahunan

Oleh : - | Senin, 3 Juli 2017 | 18:09 WIB
Bos BI Ingatkan Jokowi Seriusi Inflasi Tahunan
Gubernur BI Agus Martowardojo dan Presiden Jokowi - (Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Badan Pusat Statistik merilis inflasi indeks harga konsumen (IHK) Mei 2017 sebesar 0,69% secara month to month (mtm). Ini angka yang cukup besar.

Gubernur BI Agus Martowardojo bilang, berdasarkan survei pemantauan harga (SPH) yang dilakukan BI hingga pekan ketiga Juni 2017, inflasi sebesar 0,5%. "Ada beberapa sumber, dari listrik, tarnsportasi udara, transportasi antar kota, dan sedikit volatile food (harga pangan yang bergejolak), misal daging ayam dan daging sapi," jelas Agus di Jakarta, Senin (3/7/2017).

Kata mantan menteri keuangan era SBY ini, harga komoditas pangan yang biasaanya menjadi penyumbang besar bagi inflasi, malah tak terjadi. Yang ada justru terjadi deflasi. Komoditas pangan yang mengalami penurunan harga (deflasi) adalah cabai merah dan bawang putih. "(Inflasi Juni) 0,69 persen itu masih cukup baik. Diupayakan sampai akhir tahun bisa di kisaran 4 plus minus 1 persen," kata mantan Dirut Bank Mandiri ini.

Agus mengingatkan, angka inflasi tahunan (Januari-Juni 2017) mencapai 4,37%. Memang masih di bawah target 4% plus-minus 1%, namun masuk kategori cukup tinggi. Sehingga bank sentral perlu memberikan peringatan atas perkembangan ini.

"Tanggal 27 Juli 2017 akan ada rapat koordinasi nasional yang dipimpin presiden untuk meyakinkan seluruh pihak, pusat dan daerah. Kita ingin terus meningkatkan koordinasi demi menjaga inflasi, agar bisa sesuai target," kata Agus. [tar]

Komentar

 
x