Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 20 September 2017 | 19:39 WIB

Dishub Bali Ancam Taksi Online Langgar Permenhub

Oleh : Dewa putu sumerta | Selasa, 4 Juli 2017 | 10:11 WIB
Dishub Bali Ancam Taksi Online Langgar Permenhub
(Foto: ilustrasi)
facebook twitter

INILAHCOM, Denpasar - Seluruh angkutan online harus ikuti Permenhub 26/2017 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang Dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek yang berlaku 1 Juli 2017.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Bali, IGA Sudarsana menegaskan, disiapkan sanksi bagi angkutan online yang tidak mematuhi aturan yang berlaku sejak 1 Juli 2017 itu. "Apapabila ditemukan ada angkutan sewa khusus atau angkutan online yang tidak berizin akan ditindak dan diberikan stressing, atau penekanan khusus," kata Sudarsana di Denpasar, Senin (3/7/2017).

Kata Sudarsana, sampai saat ini, dinas perhubungan Bali sudah memberikan izin prinsip kepada enam perusahaan yang terdiri dari 2 koperasi dan 4 Perusahaan Terbatas (PT). Dengan total armada sebanyak 3.900 kuota, selama 6 bulan.

"Kalau sudah melewati 6 bulan dan kuotanya melebihi yang diizinkan, maka kami akan cabut izinnya. Syaratnya lainnya, harus dilengkapu. Setelah ada izin prinsip, dia harus mengurusnya ke Dinas Perizinan," terang Sudarsana

Sudarsana bilang, secara teknis, izin prinsip akan diserahkan ke Dinas Perizinan. Selanjutnya akan dilakukan kajian teknis. Pasca pemberlakukan Permenhub 26/2017, Dishub Bali akan melaksanaan penertiban angkutan online atau angkutan sewa khusus.

Jika melanggar, lanjut Sudarsana, akan diberikan sanksi berupa administratif, denda, dan pencabutan izin. Apbila dalam penindakan angkutan online atau angkutan sewa khusus tidak berizin, Dishub Bali bisa saja menelusuri operator apa yang dipakai.

"Kita membantu Dinas Perizinan yang mengeluarkan perizinan. Saya tegaskan kembali, pelaksanaan penertiban tidak ada ampun soal apapun. Kalau melanggar, ya langsung kami tindak," papar Sudarsana.

Selain itu, sambung Sudarsana, angkutan sewa khusus atau angkutan online diwajibkan memasang stiker khusus. Untuk sementara, stiker berbeda dengan yang pusat. Saat ini, stiker sedang dicetak. Rencananya stiker berbentuk bulat itu, berlambang pemerintah daerah dan dinas perhubungan. Serta bertuliskan angkutan sewa khusus yang ditempelkan di 3 titik yaitu depan, belakang dan di dalam. [ipe]

 
x