Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 25 Juli 2017 | 07:35 WIB

Raja Jawa Minta Taksi Online Patuhi Aturan

Oleh : - | Selasa, 4 Juli 2017 | 08:09 WIB
Raja Jawa Minta Taksi Online Patuhi Aturan
Gubernur DI Yogyakarta Sultan Hamengku Buwono X - (Foto: istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Yogyakarta - Gubernur DI Yogyakarta Sultan Hamengku Buwono X meminta Pergub mengenai operasional taksi online dalam jaringan atau online dipatuhi semua pihak. Aturannya resmi berlaku 1 Juli 2017.

"Saya sangat berharap tidak ada yang melanggar. Pergub sudah kami keluarkan dan sudah disepakati seluruh pihak," kata Sultan di Kompleks Kepatihan, DI Yogyakarta, Senin (3/7/2017).

Menurut Sultan, Pergub yang mengatur tentang operasional taksi online tersebut dapat menjadi rujukan seluruh pengemudi taksi baik konvensional maupun online sehingga bisa bersaing secara sehat dan tidak lagi ada gesekan di lapangan. "Saya harap semua bisa bersaing secara sehat," kata Sultan.

Selain mewajibkan perusahaan taksi online memiliki badan hukum dan wajib melaksanakan uji KIR, di dalam Pergub tersebut juga mengatur tarif batas atas dan batas bawah serta kuota taksi online di DIY. "Dasar tarifnya sudah disepakati oleh pihak-pihak yang mempunyai kepentingan. Kita memutuskan dasarnya kesepakatan mereka jadi tidak ada alasan untuk tidak sepakat," kata Sultan.

Raja Jawa ini berharap, sesuai aturan yang telah disepakati, seluruh armada taksi online yang beroperasi di DIY, harus dilengkapi stiker sebagai tanda pembeda dengan taksi konvensional. Baik Dinas Perhubungan DIY, maupun kepolisian, menurut dia, akan melakukan pengawasan agar peraturan itu betul-betul diimplementasikan di lapangan. "Saya berharap mereka memenuhi dengan striker dan sebagainya, jangan ada yang melanggar," kata dia. [tar]

 
x