Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 26 Juli 2017 | 17:38 WIB

Blok East Kalimantan Merugikan, Ini Saran Candra

Oleh : Uji medianti | Kamis, 6 Juli 2017 | 08:09 WIB
Blok East Kalimantan Merugikan, Ini Saran Candra
Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arcandra Tahar - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arcandra Tahar, berharap PT Pertamina (Persero) segera memutuskan nasib Blok East Kalimantan. Kalau ogah, blok migas tersebut dikembalikan saja.

Arcandara mengatakan, pemerintah tidak ingin Pertamina mengulur waktu dalam melakukan kajian blok terminasi east Kalimantan. Di mana, pemerintah telah menyerahkan Blok East Kalimantan untuk dikelola Pertamina pada tahun depan.

Hanya saja, Pertamina meminta tambahan waktu hingga September 2017 untuk melakukan kajian. "Ini waktunya ticking ya. Karena waktu ticking, maka kita menginginkan kalau tidak mau ambil kita cepat lelang bagi yang berminat," ungkap Arcandra di Kementerian ESDM, Jakarta, Rabu (5/7/2017).

Arcandra mengatakan, apabila Blok East Kalimantan dinilai tidak ekonomis oleh Pertamina, maka bisa saja blok terssebut dikembalikan kepada pemerintah untuk dilelang. "Ini sedang kita evaluasi. Saya kalau menyarankan (kalau tidak ekonomis), langsung saja, jadi black and white (pasti)," tuturnya.

Selanjutnya, kata Arcandra, dari 8 blok yang diserahkan pengelolaannya kepada Pertamina, bisa jadi hanya East Kalimantan yang kurang workable.

Candra, sapaan akrabnya bilang, East Kalimantan memang memiliki karakteristik yang berbeda. Di mana, lebih banyak nilai keekonomian yang perlu dihitung.

Maka itu, pria asal Minang ini menyarankan, apabila Pertamina menilai Blok East Kalimantan tidak ekonomis, dikembalikan dan dilelang kembali. Guna mendapatkan operator baru. [ipe]


 
x