Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 21 Oktober 2017 | 09:56 WIB

Anggaran PUPR Dipotong, Basuki Bilang Begini

Oleh : - | Jumat, 7 Juli 2017 | 08:09 WIB
Anggaran PUPR Dipotong, Basuki Bilang Begini
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Tahun ini, pagu anggaran Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) diusulkan untuk dipotong Rp517 miliar. Ancaman untuk proyek infrastruktur.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono bilang, pemangkasan anggaran, tidak akan menganggu proyek atau pembangunan infrastruktur yang dikelola Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga. "Ini malah Ditjen Bina Marga enggak kena (pemangkasan)," ujar Basuki di Kementerian PUPR, Jakarta, Kamis (6/7/2017).

Basuki bilang, pemangkasan anggaran hanya berlaku untuk belanja barang. Meliputi paket meeting, perjalanan dinas, honorarium, belanja operasional, perkantoran, belanja jasa, dan belanja pemeliharaan.

Pemotongan anggaran tidak meliputi pinjaman atau hibah dari luar negeri, Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), dan tambahan belanja hasil pembahasan UU mengenai APBN TA 2017 yang tidak sesuai kriteria menurut ulasan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Beberapa Ditjen yang terkena pemangkasan anggaran adalah Sekretaris Jenderal Rp 11 miliar Inspektorat Jenderal Rp 3 miliar, Cipta Karya Rp 112 miliar, Sumber Daya Air Rp 196 miliar, dan Penyediaan Perumahan sebesar Rp 132 miliar.

Selain itu, Badan Penelitian dan Pengembangan serta Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia juga mengalami pemangkasan anggaran masing-masing Rp 17,7 miliar dan Rp 25 miliar. "Bina Marga enggak kena pemangkasan karena ada tugas untuk (mendukung infrastruktur) Asian Games di Palembang dan pertemuan World Bank-IMF di Bali," tutur Basuki. [tar]

Komentar

 
x