Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 25 Juli 2017 | 07:34 WIB

Budi: Udara Masih Luas Angkut 200 Ribu Pemudik

Oleh : - | Jumat, 7 Juli 2017 | 12:13 WIB
Budi: Udara Masih Luas Angkut 200 Ribu Pemudik
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Wilayah dirgantara Indonesia memang teramat luas, sehingga bisa menampung lalu lalang pesawat terbang dalam jumlah ratusan bahkan ribuan.

Tak sedang bercanda, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bilang, ruang udara di Indonesia memiliki slot yang begitu besar. Diperkirakan masih cukup untuk mengangkut lebih dari 200 ribu penumpang. Ke depan, masyarakat yang inggin berlebaran di kampung halaman, bisa lebih terangkut dengan transportasi udara. "Udara masih punya ruang yang besar dengan slot tambahan dua sampai tiga jam kita bisa mengangkut lebih dari 200 ribu orang," kata Budi di Kantor Staf Presiden, Jakarta, Kamis malam (6/7/2017).

Budi bilang, pemanfaatan slot tambahan tersebut akan diintensifkan pada pesawat dengan tujuan berpenumpang terbanyak (jalur padat), seperti Bali, Solo, Yogyakarta, dan Medan.

Selain itu, mantan direktur utama Angkasa Pura II ini bilang, penerbangan di Indonesia bagian timur, hanya bertumpu di Surabaya dan Jakarta. Ke depan, kementerian perhubungan akan membuat sub-hub bandara di Semarang dan Solo.

Kemenhub mencatat, sarana pesawat tumbuh mendekati 10 persen. Pertumbuhan juga terlihat dari kenaikan penumpang sebesar 12% dalam dua tahun ini. "Pertumbuhan tersebut menandakan peningkatan kemampuan masyarakat menggunakan pesawat terbang," papar Budi.

Selain meningkatkan kapasitas angkut transportasi udara, Budi bertekad untuk memaksimalkan potensi transportasi laut yang dipandang masih belum diminati pemudik.

Khususnya angkutan laut jarak jauh, Budi akan mengoptimalkan hanya pada keperluan logistik, sedangkan untuk jarang pendek akan dikoordinasikan dengan PT Pelni dan PT ASDP Indonesia Ferry guna meningkatkan pergerakan kapal. [tar]

 
x