Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 24 November 2017 | 07:23 WIB

Siapkan Rp48 M, Pemerintah Bangun Virtual Pipeline

Oleh : Uji sukma medianti | Kamis, 13 Juli 2017 | 11:12 WIB
Siapkan Rp48 M, Pemerintah Bangun Virtual Pipeline
IGN Wiratmadjapuja, Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas), Kementerian ESDM - (Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Pemanfaatan gas bumi semakin meningkat, pemerintah melakukan persiapan khususnya membangun infrastruktur gas berpola virtual pipeline. Diharapkan tahun depan sudah terealisasi.

"Sekarang lagi in progress nih Pertamina lagi melakukan studi PLN, PGN studi mana yang paling optimum," kata IGN Wiratmadjapuja, Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas), Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dalam acara Gas Indonesia Summit di JCC, Jakarta, Rabu (12/7/2017).

Rencananya, akan ada ada empat kluster virtual pipeline yang sudah disusun. Mau tahu biayanya, sekitar Rp48 milliar. Virtual pipeline ini dapat digunakan untuk memperluas distribusi gas di Indonesia. Hingga saat ini, tahapan studinya tengah difinalisasi oleh tiga Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yakni Pertamina, PLN dan PGN.

Masih kata Wiratmadja, ini merupakan kesempatan yang luar biasa bagi Indonesia, untuk membangun infrastruktur di seluruh wilayah. Jadi, tidak hanya di Jawa Barat dan Jawa Timur.

Pembangunan akan dilakukan secara bertahap yang pertama adalah kluster I Papua, kluster II Maluku, kluster III Nusa Tenggara, serta kluster IV Natuna. "Apakah 16 titik atau apa 50 titik, kluster yang paling optimum yang mana. Ini lagi studi kita berharap sebenarnya tahun depan sudah implementasi," papar Wiratmadja. [ipe]

Komentar

 
x