Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 24 September 2017 | 13:54 WIB

Sri Mulyani Pede Shortfall 2017 Bisa Ditekan

Oleh : M fadil djailani | Jumat, 14 Juli 2017 | 15:38 WIB
Sri Mulyani Pede Shortfall 2017 Bisa Ditekan
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Pemerintah merevisi angka shortfall pajak dalam Rancangan APBN Perubahan (RAPBN-P) 2017. Dari Rp50 triliun menjadi Rp30 triliun. Artinya, penerimaan pajak bakal digenjot habis-habisan.

Hal tersebut mengemuka saat rapat kerja Badan Anggaran (Banggar) DPR dengan Pemerintah yang diwakili Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjobegoro. Sementara dari Bank Indonesia (BI) diwakili Deputi Senior BI Mirza Adityaswara, Kamis malam (13/7/2017).

Penurunan angka shortfall sebesar Rp 20 triliun, kata Sri Mulyani, telah disampaikan kepada direktorat jenderal pajak. Respons sang dirjen tidak ada masalah terkait kenaikan pendapatan Rp20 triliun tersebut. "Kami menargetkan pada Ditjen Pajak untuk menaikkan lagi hingga Rp 20 triliun. Agar angka shortfall yang tadinya Rp50 triliun, bisa menjadi Rp30 triliun. Dan mereka menyanggupi," ujar Sri Mulyani.

Dia bilang, penurunan angka shortfall sebesar Rp20 triliun itu diputuskan setelah bersikusi dengan tim dari Direktorat Jenderal Pajak. "Dari extra effort. Dari pak Ken (Dirjen Pajak), dari timnya telah menyampaikan kalau dilihat dari postur penerimaan semester I dan sesudah disisir per kantor wilayah mereka bisa menjanjikan kenaikan 20 triliun," kata Sri Mulyani.

"Dari berbagai sektor mereka menyampaikan. Pokoknya kami lihatnya dari kanwil-kanwil saja. Kanwil-kanwil tertentu menyampaikan kalau mereka bisa, sesudah dihitung kembali dari risiko sebelumnya dilihat mereka bisa meningkatkan penerimaan targetnya Rp 20 triliun lagi," tambah Sri Mulyani.

Sekedar informasi saja, angka shortfall itu menunjukkan selisih antara target pajak dengan realisasinya. Dalam tiga tahun belakangan, angka shortfall masih tinggi.

Idealnya shortfall harus rendah agar defisit tidak semakin melebar. Caranya menjaga shortfall, ya itu tadi, penerimaan pajak digenjot habis-habisan. Tapi hati-hati, apakah pilihan ini tepat dengan kondisi perekonomian saat ini. [ipe]

 
x