Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 26 Juli 2017 | 17:40 WIB

KAI dan Djakarta Lloyd Ketiban Sial, PMN Ditolak

Oleh : M fadil djailani | Jumat, 14 Juli 2017 | 16:09 WIB
KAI dan Djakarta Lloyd Ketiban Sial, PMN Ditolak
Aziz Syamsuddin, Ketua Banggar DPR - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Dua BUMN yakni PT Kereta Api Indonesia (Persero/KAI) dan PT Djakarta Lloyd (Persero) sedang apes. Lantaran gagal mendapat suntikan dana dari program Penyertaan Modal Negara (PMN).

Pada Kamis malam (13/7/2017) di Gedung DPR, Jakarta, Badan Anggaran DPR memutuskan untuk membatalkan kucuran dana PMN kepada KAI sebesar Rp2 triliun dan Djakarta Lloyd sebesar Rp379,3 miliar. "Atas perkembangan di Komisi VI apakah setuju untuk dicabut PMN 2 BUMN tersebut," kata Aziz Syamsuddin, Ketua Banggar DPR yang langsung dijawab setuju dan diketok palu.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjelaskan bahwa suntikan modal kepada KAI sebesar Rp2 triliun digunakan untuk menggenjot kemampuan BUMN kereta api dalam menjalankan pembangunan proyek LRT Jabodebek 2018-2019. Sementara suntikan dana Djakarta Lloyd sebesar Rp379,3 miliar berasal dari konversi utang subsidiary loan agreement (SLA) yang dikonversi menjadi ekuitas. "Pada RAPBNP 2017 diusulkan PMN tunai kepada PT KAI dan PMN non tunai ke PT Djakarta Lloyd, masing-masing untuk PT KAI sebesar Rp 2 triliun, dan untuk PT Djakarta Lloyd sebesar Rp 379,3 miliar," kata Sri Mulyani.

Sri Mulyani bilang, penambahan PMN untuk kedua BUMN tersebut juga sudah dibahas dalam rapat Badan Anggaran sebelumnya, namun tidak secara detil."Karena PMN bagian pos pembiyaan maka PMN ke BUMN di bawah Kemenkeu dan di bawah BUMN juga dibahas. Tapi tidak detil per instansi," jelas dia.

Anehnya, dalam rapat Banggar sebelumnya telah menyetujui kucuran dana PMN kepada KAI dan Djakarta Lloyd. Hanya saja ada beberapa catatan khusus yakni harus dibahas terlebih dahulu dengan Komisi VI DPR. Entah kenapa, kini keputusannya berubah seratus delapan puluh derajat. [ipe]

 
x