Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 16 Desember 2017 | 04:54 WIB

Ibu Kota Pindah Kalimantan, Setrumnya Dijamin PLN

Oleh : Uji sukma medianti | Jumat, 14 Juli 2017 | 18:27 WIB
Ibu Kota Pindah Kalimantan, Setrumnya Dijamin PLN
Direktur Perencanaan Korporat PT PLN (Persero), Nicke Widyawati - (Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Pemerintah terus mendalami wacana pemindahan ibu kota negara ke luar Jawa. Sedianya opsi ibu kota baru berada di Kalimantan. Yang penting ada jaminan soal pasokan listriknya.

Direktur Perencanaan Korporat PT PLN (Persero), Nicke Widyawati bilang, PLN akan membangun jaringan pembangkit interkoneksi mulai dari Kalimantan Selatan dan Tengah, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Timur. "Kebutuhan listrik di ibu kota nantinya akan disuplai dari pembangkit tersebut," tutur Nicke di Gedung DPR, Jakarta, Jumat (14/7/2017).

Saat ini, kata Nicke, sedang dibangun lima Pembangkit Listrik Batu bara mulut tambang berkapasitas masing-masing 2x100 MW di Kalimantan. "Pembangkit itu Kalselteng, tengah dan selatan digabung, yang kita kita bangun pembangkit batu bara mulut tambang ada lima," ujar Nicke.

Kata Nicke, posisi ibu kota negara bisa dipindah ke mana saja, asalkan listriknya bisa disuplai dari interkoneksi. Kalaupun memang ada keperluan penambahan daya, maka PLN siap menambah pembangkit. [ipe]

Komentar

 
x