Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 24 September 2017 | 13:55 WIB

Pajak Menjulang, Bos Pajak Ketatkan Ikat Pinggang

Oleh : M fadil djailani | Jumat, 14 Juli 2017 | 19:18 WIB
Pajak Menjulang, Bos Pajak Ketatkan Ikat Pinggang
Direktur Jenderal Pajak Ken Dwijugiasteadi - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Direktur Jenderal Pajak Ken Dwijugiasteadi bakal menerapkan kebijakan opengetatan ikat pinggan alias efisiensi.

Ken bilang, langkah efisiensi ini menindaklanjuti instruksi dari Menteri Keuangan Sri Mulyani tentang optimalisasi setoran pajak. Selain itu, Ken bertekad untuk bekerja keras dan tegas, khususnya saat berhadapan dengan wajib pajak (WP) yang masih menunggak. Tak segan-segan dilakukan upaya paksa berupa penyanderaan (gijzeling).

"Gizjeling ini merupakan upaya terakhir. Tapi dalam rangka memenuhi target penerimaan yang sekarang ditambah Rp20 triliun, mau tak mau saya perintahkan semua KPP 341 setiap hari harus ada satu yang disandera," kata Ken di Kantornya, Jakarta, Jumat (14/7/2017).

Ken menjelaskan, dari penagihan, pemeriksaan dan penyanderaan WP yang menunggak, berhasil menorehkan penerimaan pajak sebesar Rp28 triliun selama semester I-2017.

Dalam setahun ini, Ditjen Pajak menargetkan penerimaan pajak dari pemeriksaan dan penagihan sebesar Rp59,5 triliun. Namun karena ada tambahan sebesar Rp20 triliun, maka target penerimaan dari pemeriksaan dan penagihan ikut naik menjadi Rp79,5 triliun. "Kita akan serius dalam 6 bulan sisa waktu ini, kita akan kejar terus, karena kita ada target," kata pria asal Malang, Jawa Timur itu. [ipe]

Tags

 
x