Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 24 September 2017 | 13:58 WIB

Gabung KOIMA, Mimpi Kemendag Kerek Ekspor ke Korea

Oleh : - | Sabtu, 15 Juli 2017 | 08:09 WIB
Gabung KOIMA, Mimpi Kemendag Kerek Ekspor ke Korea
(Foto: Ilustrasi)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Kementerian Perdagangan berupaya mendorong ekspor nonmigas ke Korea. Caranya dengan memfasilitasi penyelenggaraan forum bisnis antar pelaku usaha dan menggandeng Korea Importers Association (KOIMA).

"Rangkaian kegiatan ini merupakan bagian dari misi pembelian KOIMA yang diharapkan dapat menciptakan perdagangan yang seimbang antara Indonesia dengan Korea," kata Staf Ahli Menteri Perdagangan bidang Hubungan Internasional, Dody Edward, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (14/7/2017).

KOIMA merupakan asosiasi perdagangan terkemuka Korea yang bertujuan mempromosikan dan mendorong perdagangan sebagai sarana untuk berkontribusi secara substansial terhadap perekonomian nasional Korea.

Diakui secara global, KOIMA disetujui oleh pemerintah Korea dan memainkan peran kunci dalam pertumbuhan ekspor dan impor nasional. Misi Pembelian adalah salah satu kegiatan utama KOIMA yang didukung Kementerian Perdagangan, Industri dan Energi Korea, serta Kementerian Luar Negeri Korea. Acara ini diselenggarakan 4-5 kali per tahun.

Chairman KOIMA, Myoung Jin Shin sekaligus pimpinan dari perwakilan 66 perusahaan delegasi KOIMA. Dalam acara tersebut, hadir pula Wakil Duta Besar Indonesia untuk Korea Cecep Herawan dan Duta Besar Korea untuk Indonesia Tae-young Cho.

Ketahanan perekonomian Indonesia terhadap gejolak ekonomi global dinilai cukup baik dengan pertumbuhan positif yang selaras dengan pertumbuhan pendapatan per kapita negara sebesar 4,64%. Pada Januari 2017, inflasi tercatat di titik yang relatif rendah, yaitu 3,45%.

"Bank Dunia memperkirakan, pertumbuhan ekonomi Indonesia akan mencapai 5,1 persen dan inflasi 4,3 persen pada 2017. Ruang bagi Indonesia dan Korea untuk meningkatkan kerja sama cukup besar mengingat reformasi ekonomi yang digalakkan Indonesia sejak September 2015," kata Dody.

Total investasi Korea di Indonesia pada 2016 tercatat US$1,06 miliar. Sementara itu, total perdagangan Indonesia-Korea sebesar US$13,68 miliar pada 2016, atau menurun 15,79% dibandingkan tahun sebelumnya.

Nilai ekspor Indonesia ke Korea, tercatat US$7 miliar pada 2016, atau menurun 17,53% dalam lima tahun terakhir. Sedangkan pada Januari-April 2017, ekspor Indonesia ke Korea senilai US$2,64 miliar, atau meningkat 14,09% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Nilai impor Indonesia dari Korea mencapai US$6,67 miliar pada 2016, atau menurun 13,82% dalam lima tahun terakhir. Sedangkan pada Januari-April 2017, impor Indonesia dari Korea mencapai US$2,11 miliar, atau meningkat 30,81% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. [tar]

 
x