Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 26 Juli 2017 | 17:34 WIB

Tahun Ajaran Baru, Tukang Jahit Rumahan Panen

Oleh : Uji Sukma Medianti | Senin, 17 Juli 2017 | 07:25 WIB
Tahun Ajaran Baru, Tukang Jahit Rumahan Panen
(Foto: ilustrasi)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Masa libur panjang sekolah telah usai. Para pelajar bersiap untuk memasuki tahun ajaran yang baru. Pada tahun ajaran baru kali ini, agak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Hal ini terjadi lantaran libur panjang yang dinikmati para pelajar berlangsung bersamaan saat libur hari raya lebaran. Meski bersamaan dengan libur lebaran, nyatanya hal itu tak mengurangi para orang tua murid untuk membelanjakan uang mereka untuk membeli seragam sekolah dan mengecilkannya.

Diakui Rani Armelia, seorang penjahit rumahan di daerah Jakarta Timur, pada masa tahun ajaran baru kali ini, dirinya mendapatkan pesanan yang meningkat 50% hingga 70% dari hari normal.

"Pesanan meningkat di tahun ini," kata Rani kepada INILAHCOM di Jakarta, Minggu (16/7/2017).

Dia menuturkan, kendati tak menjual baju seragam dan perlengkapan sekolah, namun dirinya patut bersyukur, lantaran kecipratan berkah dari tahun ajaran baru ini.

Kata Rani, kendati tahun ajaran baru jatuh usai hari raya lebaran, namun daya beli orang tua murid untuk membeli seragam tak turun.

"Mungkin justru karena anak-anak sekolah juga dapat uang THR saat lebaran jadi uangnya disisihkan untuk beli buku dan seragam sekolah," ungkapnya.

Di usaha rumahan miliknya itu, Rani mengaku mendapatkan order sepuluh hingga dua puluh item baju dan celana untuk divermak. Permintaannya pun beragam, ada yang memasang atribut, mengecilkan lingkar pinggang celana dan mengecilkan ukuran baju seragam.

"Macam-macam. Ada yang pasang atribut dan ngecilin baju sama celana," jelasnya.

Untuk tarifnya, Rani mematok tarif yang berbeda-beda. Biaya pemasangan atribut dipatok seharga Rp10 ribu, sedangkan mengecilkan celana dan baju bisa berbeda sesuai dengan tingkat kesulitannya. Namun, Rani mematok harganya dari Rp20 ribu - Rp35 ribu untuk vermak.

 
x