Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 24 September 2017 | 13:58 WIB

Menkeu Minta Dukungan DPR Intip Rekening

Oleh : Wahid Ma'ruf | Senin, 17 Juli 2017 | 14:39 WIB
Menkeu Minta Dukungan DPR Intip Rekening
Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati - (Foto: inilahcom/M. Fadil Djailani)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Keuangan menjelaskan kepada DPR tentang kesepakatan lebih dari 100 negara yang siap membuka dan bertukar informasi rekening nasabah bank untuk keperluan perpajakan, dalam kerangka Automatic Exchange of Information (AEoI).

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati menjelaskan hal tersebut dalam rapat kerja dengan Komisi XI terkait Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) 1 Tahun 2017 tentang Akses Informasi Keuangan untuk Kepentingan Perpajakan
di Gedung DPR RI Jakarta, Senin (17/7/2017).

"Kalau tidak konsisten, kita akan dirugikan. Pada saat bersamaan perlu memenuhi keharusan internasional dari sisi wajib pajak yang ada asetnya di luar negeri," kata Sri Mulyani.

Perppu No.1/2017 merupakan regulasi primer terkait rencana implementasi automatic exchange of information atau AEoI tahun depan. Terkait dengan persiapan implementasi automatic exchange of information, pemerintah fokus membenahi dua hal yakni regulasi dan operasionalnya.

Soal regulasi, selain Perppu Nomor 1 Tahun 2017 , pemerintah juga telah menerbitkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 73/PMK.03/Tahun 2017 yang merupakan perubahan dari PMK No.70/PMK.03/2017.

Pemerintah Indonesia, lanjut Menkeu, sudah menandatangani deklarasi bersama pertukaran informasi keuangan untuk tujuan perpajakan dengan berbagai negara, seperti otoritas pajak Hongkong dan Swiss. Dalam waktu dekat, pemerintah juga akan melakukan kerja sama bilateral dengan Singapura terkait keterbukaan akses informasi perpajakan.

Bagi Indonesia deklarasi bersama dengan Singapura penting dilakukan lantaran hampir 80% uang hasil deklrasi program tax amnesty berasal dari negara tersebut. [hid]

 
Embed Widget

x