Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 20 November 2017 | 00:57 WIB

Reforma Agraria Gagal

Gerbang Tani Sarankan Jokowi Ganti Menteri ATR

Oleh : - | Sabtu, 22 Juli 2017 | 14:15 WIB
Gerbang Tani Sarankan Jokowi Ganti Menteri ATR
Ketua Umum Gerakan Kebangkitan Petani dan Nelayan Indonesia (Gerbang Tani), Idham Arsyad - (Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Program reforma agraria yang dicanangkan pemerintahan Joko Widodo, memberikan harapan bagi petani miskin dan buruh tani, gagal terwujud. Jelas ini kegagalan Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR).

Menurut Ketua Umum Gerakan Kebangkitan Petani dan Nelayan Indonesia (Gerbang Tani), Idham Arsyad mengatakan, Kementerian ATR yang diberi mandat untuk mengimplementasikan reforma agraria, lebih banyak menggalakkan sertifikasi yang kemudian disebut program reforma agraria.

"Yang dikerjakan Menteri ATR selama ini hanyalah sertifikasi lahan,bukan reforma agraria karena tidak kegiatan redistribusi tanah" tegas Idham dalam rilis kepada media di Jakarta, Sabtu (22/7/2017).

Pelambatan program reforma agraria ini, kata Idham, berdampak kepada ketimpangan penguasaan dan pemilikan tanah semakin tajam dan berujung pada eskalasi konflik agraria yang meninggi. "Sepanjang pemerintahan Jokowi-JK konflik agraria terus terjadi di beberapa wilayah dan indeks gini penguasaan lahan makin tinggi," papar Idham.

Idham meminta Presiden Jokowi segera melakukan mengevaluasi dan mengganti Menteri ATR. Kegagalan Menteri ATR menjalankan Reforma Agraria berdampak pada kekecewaan petani terhadap kinerja pemerintah.

"Padahal serikat tani pada pemilu 2014 telah memberikan dukungan penuh terhadap Jokowi, yang karena program reforma agraria jalan di tempat mulai kecewa," tegas Idham.

Idham bilang, pemerintahan Jokowi yang tersisa 2 tahun ini, perlu mempercepat realisasi reforma agraria. Selain untuk mengurangi konflik agraria, serta ketimpangan struktur agraria. Percepatan reforma agraria juga berdampak positif bagi pemerintahan Jokowi. [ipe]

Komentar

 
Embed Widget

x