Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 22 Oktober 2017 | 17:03 WIB
Hightlight News

Dekranas Rintis Pengembangan Potensi Tenun Gedok

Oleh : - | Sabtu, 22 Juli 2017 | 11:17 WIB

Keistimewaan Gedok

Dekranas Rintis Pengembangan Potensi Tenun Gedok
Pengrajin Tenun - (Foto: inilahcom/ilustrasi)
facebook twitter

INILAHCOM, Tuban - Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) akan mengembangkan potensi tenun Gedok,  kain tradisional warisan leluhur yang berasal dari Tuban Jatim.

Hal itu karena keberadaan kain ini sempat hampir punah, karena kurangnya peminat dari masyarakat lokal. "Pengembangan potensi tenun Gedok itu sudah mulai kita rintis tiga bulan lalu bekerjasama dengan Kementrian Koperasi dan UKM dengan  mengadakan pelatihan vocational proses produksi tenun Gedok. Dan sekarang ini diteruskan dengan pelatihan lanjutan agar  para pengrajin tenun Gedok itu bisa naik kelas profesionalisme dan hasil produksiinya," jelas Ketua Bidang Manajemen Usaha Dekranas, Bintang Puspayoga di Tuban, Rabu (19/7/2017).

Hasilnya, sudah mulai kelihatan dengan produksi tenun Gedok yang kini lebih halus dan berkualitas. "Karena kualitasnya makin bagus, nilaii jualnya pun makin tinggi. Harga selembar tenun Gedok yang dulu di pameran sekitar Rp 200 ribu, kini setelah kualitasnya bagus,  sudah ada yang  membelli sampai Rp 600 ribu per lembar," katanya.

Bintang berharap untuk selanjutnya, pengembangan potensi tenun Gedok ini bisa dilakukan bersama-sama, baik Dekranas, Dekranasda Provinsi dan Kabupaten, maupun Pemda Provinsi dan Daerah.

"Kalau kita garap secara gotong royong, saya optimis tenun Gedok akan kembali terangkat, dan makin memperkaya warisan budaya leluhur," tambahnya.

 

1 2

Tags

0 Komentar

Kirim Komentar


Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.

x