Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 24 Oktober 2017 | 12:34 WIB

Investasi Asing Belum Sentuh Sektor Riil

Oleh : Uji Sukma Medianti | Kamis, 27 Juli 2017 | 11:58 WIB
Investasi Asing Belum Sentuh Sektor Riil
Kepala BKPM, Thomas Trikasih Lembong - (Foto: Inilahcom/Eusebio Chrysnamurti)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Thomas Trikasih Lembong mengakui erjadi arus modal masuk (capital inflow) yang cukup deras setelah Indonesia mendapat rating dari Standar&Poor (S&P).

Sayangnya, arus modal yang masuk cukup deras belum membuat Lembong semringah terhadap investasi di sektor rill.

"Kita harus pastikan (capital inflow) terus memperbaiki iklim investasi dan usaha supaya modal finansial yang masuk terus berjalan ke sektor riil, itu tantangannya," kata Lembong di kantor BKPM, Jakarta, Rabu (26/7/2017).

Lembong menuturkan, Senin lalu, pihaknya bertemu dengan Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowadojo. Dia bilang ada tambahan capital inflow senilai US$10 miliar - US$15 miliar.

Nyatanya, pemerintah belum dapat mengubah arus modal yang masuk menjadi investasi di sektor rill, baik padat modal maupun padat karya.

Lagi-lagi, Lembong menyentil regulasi yang dibuat oleh pemerintah. Kata dia,jika pemerintah tidak memperbaiki peraturan menteri bisa saja investasi tumbuh akan tetapi dunia usaha terus menggenjot efisiensi.

Apabila hal itu yang terjadi, kata Lembong, bisa saja tujuan besar ekonomi malah terjadi kebalikannya. "Kalau kita tidak memperbaiki Peraturan Menteri, bisa saja investasi naik terus, tapi kalau dunia usaha menggenjot efisiensi tujuan besar ekonomi kita justru kebalikannya," ungkapnya. [hid]

Komentar

 
x