Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 22 Agustus 2017 | 04:34 WIB

Pertamina Kalimantan Tambah Avtur Untuk Haji

Oleh : Uji sukma medianti | Jumat, 28 Juli 2017 | 00:39 WIB
Pertamina Kalimantan Tambah Avtur Untuk Haji
(Foto: istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region VI Kalimantan menambah pasokan avtur di dua bandara di Kalimantan yang akan memberangkatkan jamaah haji.

Area Manager Communication and Relation Pertamina Kalimantan, Alicia Irzanova, mengatakan, peningkatan pasokan merupakan antisipasi Pertamina terhadap perubahan jadwal pesawat yang mengangkut jamaah haji dari dua bandara tersebut.

Dua Bandara yang dimaksud adalah Bandar Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan dan Bandar Udara Syamsudin Noor Banjarmasin. Sementara jumlah avtur yang dipasok sebanyak 5.057 kiloliter untuk keberangkatan maupun kepulangan.

Tahun lalu, kata Alicia, pesawat yang digunakan jama'ah haji adalah Airbus 330. Tahun ini menggunakan pesawat Boeing747, yang memiliki kebutuhan avtur lebih besar. "Penerbangan pertama Jemaah haji perdana dari Balikpapan direncanakan pada 30 Juli 2017 mendatang," kata Alicia dalam keterangan resmi di Jakarta, Kamis (27/7/2017).

Sedangkan peningkatan pasokan avtur di Bandar Udara Syamsudin Noor Banjarmasin dimaksudkan untuk mengantisipasi dua hal. Pertama. penambahan kloter penerbangan sebanyak 3 kloter dibanding tahun lalu.

Alasan kedua, tahun ini terdapat penerbangan jamaah haji langsung dari Banjarmasin menuju Jeddah, Arab Saudi. Sehingga pesawat terbang harus diisi full dari Banjarmasin. "Tahun lalu penerbangan terlebih dahulu transit di Batam sehingga tidak sepenuhnya kebutuhan avtur dipenuhi dari Banjarmasin," kata Alicia.

Pertamina memasok tambahan avtur di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan sebanyak total 2.347 KL atau meningkat 120% dibandingkan tambahan pasokan tahun 2016 sebesar 1.017 KL untuk kebutuhan penerbangan haji baik kepergian dan kepulangan tahun 2017 di Bandar Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan.

Tambahan pasokan avtur tersebut terbagi menjadi dua fase yaitu fase satu atau fase keberangkatan sebanyak 595 KL dan fase dua atau fase kepulangan sebanyak 1.752 KL. DPPU Sepinggan akan melayani total 13 kloter selama musim haji 2017.

DPPU (Depot Pengisian Bahan Bakar Pesawat Udara) Sepinggan Balikpapan secara regular, memiliki konsumsi avtur sebesar 380 KL setiap hari. Dengan adanya penerbangan haji, estimasi konsumsi avtur fase satu atau fase keberangkatan akan mencapai 426 KL/hari. Sedangkan fase dua atau fase kepulangan mencapai 515 KL/hari.

Penambahan avtur di Bandara Syamsudin Noor sejumlah total 2.710 KL atau meningkat tiga kali lipat dibanding tahun lalu yang hanya menambah pasokan avtur sebanyak 887 KL untuk kebutuhan penerbangan haji baik kepergian dan kepulangan tahun 2017 di Bandar Udara Syamsudin Noor. Pasokan ini masing-masing sebanyak 1.355 KL baik untuk keberangkatan dan kepulangan.

DPPU (Depot Pengisian Bahan Bakar Pesawat Udara) Syamsudin Noor Banjarmasin secara regular, memiliki rata-rata konsumsi avtur sebesar 135 KL/hari. Dengan adanya penerbangan haji, estimasi konsumsi avtur fase satu atau fase keberangkatan dan fase dua kepulangan akan mencapai 215 KL/hari. [ipe]

 
x