Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 22 Agustus 2017 | 04:35 WIB

Eks Sekretaris BUMN Sindir Pejabat Satgas Pangan

Oleh : M Fadil Djailani | Senin, 31 Juli 2017 | 03:29 WIB
Eks Sekretaris BUMN Sindir Pejabat Satgas Pangan
Mantan Sekretaris Menteri BUMN Said Didu
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Penggerebekan gudang beras milik PT Indo Beras Unggul (IBU) di Bekasi, Kamis (20/7/2017), masih menjadi perbincangan hangat. Namun banyak yang ganjil.

Mantan Sekretaris Menteri BUMN Said Didu, mengatakan, penggrebekan gundang beras milik PT IBU oleh Satgas Pangan Mabes Polri itu, terkesan berlebihan. "Awalnya mau kasih kejutan ke publik, tapi malah mereka (Satgas Pangan) yang terkejut. Ibarat anak kecil nyalakan mercon, dia sendiri yang kaget. Mungkin sekarang masih kaget," kata Said dalam sebuah diskusi di Jakarta, Sabtu (29/7/2017).

Said juga merasa heran karena ada pejabat publik yang ikut dalam aksi penggrebekan itu, mengatakan, pabrik (PT IBU) membeli gabah dari petani dengan harga tinggi. "Lha apa ada yang salah kalau membeli gabah dengan harga tinggi dari petani. Emang salah," kata Said.

Sebelumnya kasus penyitaan 1.161 ton beras milik PT Indo Beras Unggul (PT IBU) oelh Satgas Pangan ternyata menyisakan polemik. Banyak pihak yang mempertanyakan di mana letak kesalahan PT IBU.

Sejatinya, tindakan PT IBU yang membeli gabah ke petani dengan harga tinggi, bukanlah sebuah kejahatan. Bahkan, seharusnya pemerintah mendukung kalau ada industri yang berkomitmen memberi kesejahteraan dan kemakmuran untuk petani.

Tidak hanya itu, PT IBU dituduh menjual beras bersubsidi dengan harga mahal. Dan, membeli beras dari petani dengan harga tinggi yang bisa mematikan penggilingan kecil. Tuduhan lainnya menipu konsumen dengan kandungan gizi yang tak sesuai label. Atau menjual beras premium namun kandungan gizinya medium.

Atas segala tudingan itu, pimpinan perusahaan membantah. Mereka bilang tidak pernah membeli beras subsidi, tapi langsung dari petani. Sedangkan beras subsidi adanya hanya di Perum Bulog. Nah, pusing kan. [ipe]

 
x