Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 19 Oktober 2017 | 19:47 WIB

HET Resmi Batal, Enggar Panggil Stakeholder Beras

Oleh : Uji Sukma Medianti | Senin, 31 Juli 2017 | 20:00 WIB
HET Resmi Batal, Enggar Panggil Stakeholder Beras
Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita - (Foto: Inilahcom/Uji SM)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita membatalkan Pemendag 47/2017 tentang Penetapan Harga Acuan Pembelian di Tingkat Petani dan Harga Acuan Penjualan di Konsumen.

Supaya tak menciptakan keresahan di kalangan petani dan pengusaha, Enggar mengumpulkan para stakeholder beras guna membahas harga acuan beras. Hal ini sesuai dengan janjinya pada pekan lalu. "Para stakeholder dilibatkan untuk menyusun. Semuanya kita mau dengarkan dulu sampai akhirnya menetapkan," tutur Enggar di Kementerian Perdagangan, Jakarta, Senin (31/7/2017).

Enggar menerangkan, pedagang boleh saja menjual harga beras di atas harga acuan yang ditetapkan pemerintah. Akan tetapi harus ada perhitungan nilai atau margin yang wajar. "Bisa saja. Tapi harus ada value sistemnya. Dia (pengusaha) harus jual sesuai dengan moral, dengan tidak mengambil untung yang sangat tinggi," ucap politisi Nasdem ini.

Begitu juga dengan harga beli petani, petani boleh menjual gabahnya diatas harga acuan yang ditetapkan pemerintah yakni Rp3.700/kg. "Petani boleh menjual gabahnya diatas Rp3.700/kg," ujar mantan politisi Golkar ini. [ipe]

Komentar

 
x