Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 19 Agustus 2017 | 20:11 WIB

Enggar Inginkan Spesifikasi Beras Lebih Sederhana

Oleh : Uji Sukma Medianti | Selasa, 1 Agustus 2017 | 06:09 WIB
Enggar Inginkan Spesifikasi Beras Lebih Sederhana
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Buntut dari gaduhnya Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 47 Tahun 2017, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, ingin spesifikasi beras disederhanakan.

"Jadi beras yang mirip-mirip itu mau sekian ratus? Kan (kita) enggak (mau)," jelas Enggar kepada wartawan di Kementerian Perdagangan, Senin (31/7/2017).

Dia meminta kepada pengusaha untuk menyederhanakan jenis beras menjadi tiga jenis saja. Nantinya, akan diinventarisir apa-apa saja yang membuat jenis beras itu menjadi berbeda.

Untuk hal ini, Enggar mengaku pihaknya juga memanggil Dewan Beras serta persatuan Penggilingan Padi dan Pengusaha Beras Indonesia (Perpadi)."Kita ajak mereka untuk invetarisir persoalan, berapa berat jenisnya, hitung cost, berapa biaya produksi petani," ujar Enggar.

Politisi Golkar yang 'hijrah' politik ke Nasdem ini mengatakan, meski Permendag 47/2017, tidak jadi diundangkan, tetapi Permendag Nomor 27/2017 masih berlaku. Beleid itu mengatur tentang HPP petani diharga Rp3.700/kg dan harga acuan pembeli konsumen Rp9.500/kg untuk beras medium.

"Beli dari petani atau pengepul itu Rp4.100/kg silahkan gak ada soal. Saya hanya ada harga acuan Rp9.500 masih berlaku untuk beras medium, dan beras medium kita juga sudah pengertian yang sama disitu," terang Enggar. [ipe]

 
x