Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 19 Oktober 2017 | 14:28 WIB

Indonesia-Nigeria Sepakat Tindaklanjuti PTA

Oleh : Uji Sukma Medianti | Selasa, 1 Agustus 2017 | 14:42 WIB
Indonesia-Nigeria Sepakat Tindaklanjuti PTA
Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita, membahas Preferential Tariff Agreement (PTA), isu-isu dagang dan investasi, serta imbal dagang (counter trade) dengan pemerintah Nigeria.

"Indonesia dan Nigeria sepakat menindaklanjuti pembahasan terkait PTA," ujar Enggar di Jakarta, Selasa (1/8/2017).

Dalam pertemuan tersebut, Indonesia meminta Nigeria untuk tidak memasukkan beberapa produk ekspor andalan Indonesia dalam daftar 25 produk yang dilarang masuk ke Nigeria (Nigerian Import Prohibition List).

Beberapa produk tersebut yaitu olahan kelapa sawit, sabun, dan furnitur. "Pelarangan tersebut dinilai merugikan konsumen Nigeria dan produsen Indonesia," kata Enggar.

Indonesia juga mengusulkan penggunaan skema imbal dagang sebagai solusi dari pembatasan penggunaan valuta asing untuk transaksi ekspor impor di Nigeria.

Pemerintah, menyampaikan keinginannya mendapatkan pasokan minyak langsung dari Nigerian National Petroleum Corporation (NNPC) tanpa melalui pihak ketiga.

Selain itu, dari hasil Misi Dagang, Mendag mengimbau pelaku usaha Indonesia untuk memanfaatkan kebijakan Nigera yang mempermudah investasi, terutama pada Free Trade Zone (FTZ). [hid]

Komentar

 
x