Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 24 Oktober 2017 | 14:29 WIB

Pemprov Jabar Ingin AP II Tanam Modal di Kertajati

Oleh : Uji Sukma Medianti | Rabu, 2 Agustus 2017 | 10:03 WIB
Pemprov Jabar Ingin AP II Tanam Modal di Kertajati
Wakil Gubernur Jawa Barat, Dedi Mizwar - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Wakil Gubernur Jawa Barat, Dedi Mizwar, ingin PT Angkasa Pura (AP) II ikut menanam modal setelah kerja sama operasi Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) dalam bentuk joint venture.

Pemerintah telah memutuskan bahwa kerja sama operasi bakal dikelola oleh AP II dan PT BIJB. BIJB bakal menjadi pemilik saham mayoritas dengan porsi 51% dan 49%.

Dedi menuturkan, saat ini pihak pemerintah provinsi sudah melakukan pendanaan melalui APBD sebesar 70% dan sebanyak 30% dari sindikasi bank syariah BUMD.

"Kemarin kan ada sindikasi bank syariah itupun ga bisa keluar semua (cair) tanpa ada jaminan masalah siapa yg mengoperasikan," jelasnya di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Jakarta, Selasa (2/8/2017).

Setelah diputuskan kerja sama operasi lewat joint venture, diharapkan AP II bisa ikut membantu BIJB dari sisi permodalan. Hal ini, kata Dedi, yang kerap membuat negosiasi menjadi alot. "Kalau masuk (sisi permodalan) mau (jadi operator) seumur hidup ya gapapa," ungkapnya.

Pembangunan sisi darat bandara Kertajati menelan biaya sebesar Rp2,16 Triliun. Sebanyak Rp700 miliar berasal dari ekuitas sedangkan sisanya masih ada Rp1,4 triliun yang belum terpenuhi.

BIJB mendapatkan sindikasi pendanaan dari konsorsium bank syariah daerah sebesar Rp906 miliar. Untuk menutupi kekurangan biaya, BIJB juga berencana akan menerbitkan Reksadana Penempatan Terbatas (RDPT) PT BIJB kepada BPJS Ketenagakerjaan dan PT Taspen. [hid]

Komentar

 
x