Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 14 Desember 2017 | 01:30 WIB

Gaet Eximbank, DJBC Ingin Daya Saing RI Meningkat

Oleh : Monica Wareza | Kamis, 3 Agustus 2017 | 15:40 WIB
Gaet Eximbank, DJBC Ingin Daya Saing RI Meningkat
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Direktorat Jenderal Bea Cukai (DJBC) menggandeng Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) atau Indonesia Eximbank untuk meningkatkan daya saing pelaku usaha yang berorientasi ekspor.

Acara ini merupakan kelanjutan bentuk sinergi antara kedua instisusi dalam mensosialisasikan fasilitas Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE) kepada eksportir.

Plt Direktur Eksekutif Indonesia Eximbank, Susiwijono Moegiarso mengatakan fasilitas KITE sangat bermanfaat bagi eksportir karena akan membebaskan bea masuk dan PPN atas bahan baku untuk diolah, dirakit, dipasang, dan hasil eksportirnya.

"Fasilitas tersebut juga akan mengurangi biaya produksi barang sekaligus mendukung proses birokrasi yang lebih cepat segungga diharapkan dapat mewujudkan harga produk eksport Indonesia yang lebih kompetitif di pasar global," kata Susiwijono di Jakarta, Kamis (3/8/2017).

LPEI mendukung fasilitas KITE melalui salah satu produk custom band yang dikenal dengan jaminan kepabeanan. Dengan jaminan ini akan menjamin eksportir tidak mengeluarkan bahan baku impor dalam rangka ekspor keluar dari wilayah pabean berdasarkan waktu tertentu.

"Sampai dengan saat ini, LPEI sudah memiliki sejumlah debitur costum bond antara lain untuk eksportir yang bergerak di produk makanan dan plastic packaging," kata dia.

Sementara itu, Direktur Jendral Bea dan Cukai, Heru Pambudi mengatakan saat ini fokus DJBC adalah meningkatkan level Ease of Doing Business (EoDB) Indonesia ke urutan 40. Menurut dia, usaha ini memerlukan simplifikasi prosedur dan otomasi pemberian dan pelayanan fasilitas

"Harapannya, seluruh fasilitas pemerintah yang tersedia dapat dioptimalkan perusahaan industri dalam negeri untuk semakin meningkatkan daya saingnya," kata Heru. [fdl]

Komentar

 
x