Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 20 Oktober 2017 | 15:57 WIB

Permintaan BBM di Aceh Barat Naik 8%

Oleh : Uji Sukma Medianti | Jumat, 4 Agustus 2017 | 18:17 WIB
Permintaan BBM di Aceh Barat Naik 8%
(Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Permintaan Bahan Bakar Minyak (BBM) di wilayah Aceh Barat melonjak 8%. Lonjakan ini memicu naiknya permintaan solar di Aceh.

Rata-rata penyaluran solar harian sekarang ini sebanyak 186 kiloliter (kl) naik dibandingkan rata-rata penyaluran normal yakni sebesar 173 kl.

Bahkan pada 29 Juli lalu, solar disalurkan hingga 280 kl, atau meningkat sekitar 62 persen dari penyaluran normal harian. "Hingga Juli 2017, Pertamina Marketing Region I Branch Aceh telah menyalurkan sebanyak 187.677 kl di wilayah Aceh," kata Fitri Erika Area Manager Communication & Relations Pertamina Sumbagut, melalui keterangan resmi di Jakarta, Jumat (4/8/2017).

Bila dibandingkan periode yang sama tahun 2016 yang jumlahnya 160.000 kl, berarti terjadi kenaikan permintaan solar sebesar 17 persen. Mengacu pada Perpres No. 191 Tahun 2014, BBM jenis solar adalah BBM bersubsidi yang peruntukannya hanya untuk Usaha Mikro, Usaha Perikanan, Usaha Pertanian, Transportasi dan Pelayanan Umum yang telah diberikan Rekomendasi oleh SKPD terkait dan juga sesuai dengan aturan yang tercantum dalam Perpres tersebut.

"Saat ini Pertamina terus berkoordinasi dengan aparat keamanan dan instansi terkait, baik di Meulaboh maupun Aceh secara umum, untuk memastikan penyaluran solar sesuai dengan peruntukannya," lanjutnya.

Pertamina juga telah menyediakan BBM utk kendaraan diesel seperti Dexlite dan Pertadex di wilayah Aceh sebagai alternatif bahan bakar minyak yang dipersyaratkan sesuai dengan spesifikasi mesin kendaraan. [uji]

Komentar

 
x