Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 24 Oktober 2017 | 14:44 WIB

Daya Beli Boleh Loyo, Dana Asing Deras Masuk

Oleh : M Fadil Djailani | Sabtu, 5 Agustus 2017 | 09:09 WIB
Daya Beli Boleh Loyo, Dana Asing Deras Masuk
Gubernur BI, Agus Martowardojo - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Perekonomian nasional di semester I-2017 agak lesu, terbukti dengan rendahnya daya beli, namun, investasi asing justru mengalir deras.

Bank Indonesia (BI) mengungkapkan, sampai akhir Juli 2017, dana asing yang masuk ke Indonesia mencapai Rp131 triliun. Angka ini naik Rp7 triliun ketimbang bulan sebelumnya.

Gubernur BI, Agus Martowardojo mengungkapkan kenaikan dana asing ini membuktikan bahwa investor asing tetap percaya dengan kondisi ekonomi dalam negeri, kata dia ini sinyal yang sangat positif. "Dengan jumlah Rp 131 triliun itu menunjukan kepercayaan investor global kepada Indonesia," kata Agus di Kantornya, Jakarta, Jumat (4/8/2017).

Agus mengungkapkan, sebagian besar dana asing tersebut, masuk melalui Surat Utang Negara (SUN), surat utang korporasi dan melalui pasar modal.

Bagi mantan Menteri Keuangan yang sempat diperiksa KPK terkait korupsi e-KTP ini, momentum ini harus dijaga. Di mana, investor asing masih sangat percaya terhadap perekonomian Indonesia.

"BI akan terus mengamati jika seandainya situasi tidak terjaga maka tidak tertutup kemungkinan Indonesia untuk melakukan easing untuk merespon dan membantu perekonomian," kata Agus yang pernah menjabat Dirut Bank Mandiri itu. [ipe]

Komentar

 
Embed Widget

x