Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 19 Oktober 2017 | 14:28 WIB

Dapat Lampu Hijau, PLN Akuisisi Tambang Batubara

Oleh : - | Sabtu, 5 Agustus 2017 | 14:15 WIB
Dapat Lampu Hijau, PLN Akuisisi Tambang Batubara
(Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Direktur Pengadaan PLN, Supangkat Iwan Santoso bilang, PT Perusahaan Listrik Negara (Persero/PLN) siap mengakuisisi industri tambang batubara.

"PLN berupaya agar secara sekuritisasi jangka panjang batu bara bisa diamankan. Itu merupakan hal yang penting," kata Iwan kepada wartawan di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Jakarta, Jumat (4/8/2017).

Namun, Iwan belum bisa menjelaskan, rencana lebih detil terkait upaya akuisisi tersebut baik terkait lokasi, target akusisi serta nominal investasi yang dibutuhkan.

Iwan menjelaskan hal lainnya yaitu agar harga tidak naik-turun maka dibutuhkan kontrak jangka panjang dengan pihak tambang batu bara. Sejauh ini, PLN telah mendapatkan "lampu hijau" atau izin dari pemerintah untuk memulai proses akuisisi. "Sebenarnya langkah paling cepat adalah joint cooperation. Beberapa hal sedang diperhitungkan. Semoga tahun ini bisa terealisasi," kata Iwan.

Selain itu, Iwan juga menjelaskan bahwa sebenarnya investasi pada gas lebih murah, tetapi secara operasi batu bara lebih ditargetkan untuk tahun ini terlebih dulu. "Kami yang jelas ingin terus bermitra dengan pengusaha tambang, agar hubungan bisnis terus berjalan dengan baik," kata Iwan.

Dalam proses penjajakan menurutnya banyak yang memberikan respons positif atas keinginan tersebut. [tar]

Komentar

 
x