Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 26 April 2018 | 14:40 WIB
 

Ini Cara Bengkulu Perbanyak Pasokan Sapi

Oleh : - | Minggu, 6 Agustus 2017 | 14:29 WIB
Ini Cara Bengkulu Perbanyak Pasokan Sapi
(Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Mukomuko - Pejabat Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu menyatakan optimistis minimal sebanyak 3.768 ekor induk sapi, atau sebesar 70 persen dari target sebanyak 5.422 induk sapi di daerah itu yang bunting melalui program upaya khusus sapi induk wajib bunting pada tahun ini.

"Minimal sebesar 70 persen dari target induk sapi yang bunting tahun ini," kata Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Warsiman, di Mukomuko Provinsi Bengkulu, Sabtu (5/8/2017).

Pemkab Mukomuko melalui Dinas Pertanian setempat sebelumnya menargetkan sebanyak 5.422 induk sapi bunting melalui program upaya khusus sapi induk wajib bunting tahun ini.

Ia menyebutkan, sampai sekarang petugas peternakan instansi itu sudah melakukan seleksi terhadap 3.200 ekor induk sapi. "Petugas peternakan terus melakukan seleksi induk sapi milik kelompok tani dan masyarakat di daerah ini sesuai dengan target sebanyak 5.422 induk sapi," ujarnya.

Menurutnya, meskipun target ada sebanyak 5.422 induk sapi. Namun tidak seluruhnya induk sapi itu bunting karena beberapa faktor, yakni induk sapi dilepasliarkan.

Untuk itu, ia mengatakan, petugas instansi itu melakukan dua cara agar mininal sebesar 70 persen induk sapi bunting, yakni dengan cara Inseminasi Buatan (IB) dan kawin alam.

"Kami perkirakan sebanyak 2.168 ekor induk sapi bunting melalui IB dan kawin alam sebanyak 1.600 ekor," ujarnya lagi.

Komentar

 
x