Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 19 Agustus 2017 | 20:10 WIB

Mendag: Minat Bisnis Pengusaha Rusia Tinggi

Oleh : Uji Sukma Medianti | Minggu, 6 Agustus 2017 | 17:37 WIB
Mendag: Minat Bisnis Pengusaha Rusia Tinggi
Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita, mengklaim bila ada minat besar dari para pengusaha Rusia untuk menjadi mitra Indonesia.

Hal ini diungkapkan Mendag Enggar pada Indonesia-Russia Business Forum yang diselenggarakan saat hari kedua kunjungan kerja di Ibukota Federasi Rusia, Moskow, Jumat (4/8/2017).

Enggar mengapresiasi partisipasi lebih dari 300 pelaku bisnis yang sebagian besar berasal dari Rusia dalam acara tersebut. "Saya menyambut baik antusiasme mereka yang sangat besar ini. Saya menghargai partisipasi sejumlah gubernur dan pejabat setingkat bupati atau walikota Rusia yang hadir dalam forum bisnis dan bertemu dengan para pengusaha dari Indonesia beserta pimpinan dan anggota KADIN Daerah," ujarnya dalam keterangan resmi di Jakarta.

Enggar menjelaskan, kehadiran pejabat dan KADIN sejumlah daerah ini memungkinkan dilakukannya kontak bisnis secara langsung, mengingat beberapa pengusaha Rusia sudah memiliki rencana khusus untuk mengembangkan kerja sama di daerah-daerah Indonesia.

Duta Besar RI di Moskow, M. Wahid Supriyadi, pun mengakui bahwa tingkat partisipasi yang tinggi tersebut di luar perkiraan penyelenggara.

Pada acara yang dipandu Ketua Dewan Bisnis Indonesia-Rusia Mikhail Kouritsyn itu, Deputi Menteri Perdagangan dan Industri Rusia, Oleg Nikolaevich Ryazencev, menyatakan bahwa pelaku bisnis Rusia sangat berminat untuk bermitra dengan Indonesia.

Namun, niat tersebut perlu terus didorong melalui forum bisnis untuk lebih memahami berbagai kebijakan yang berlaku di Indonesia dan bertemu langsung dengan calon mitra yang potensial.

Lebih lanjut, antusiasme pelaku usaha dan masyarakat Rusia kembali terlihat pada pembukaan Festival Indonesia ke-2 di Hermitage Garden, Moskow, yang berlangsung hingga Minggu (6/8/2017).

Ribuan masyarakat Moskow memenuhi Hermitage Garden yang menampilkan 70 stan yang memamerkan produk khas tanah air. Banyak pengunjung antusias menikmati berbagai sajian kuliner nusantara dan mengenal tampilan budaya sejumlah daerah di Indonesia.

Terlihat pula sejumlah pengunjung yang antusias datang mengenakan busana batik. Enggar mengungkapkan jumlah pengunjung Festival Indonesia kali ini jauh lebih besar dibandingkan tahun sebelumnya.

"Apa yang kita saksikan di Hermitage Garden ini sungguh membesarkan hati. Tidak sedikit masyarakat Rusia dan penduduk Moskow yang terasa begitu akrab dengan Indonesia, baik melalui sentuhan budaya, maupun sajian kuliner. Ini potensi ekonomi yang sangat besar untuk digarap, karena mereka memiliki keterikatan khusus dengan Indonesia," jelas Enggar.

 
x