Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 18 Agustus 2017 | 04:23 WIB

Menko Darmin Ingin Investasi Lebih Nendang

Oleh : - | Selasa, 8 Agustus 2017 | 18:58 WIB
Menko Darmin Ingin Investasi Lebih Nendang
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Menko Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, upaya memicu kinerja investasi wajib dilakukan. Penting untuk mendorong perekonomian agar bisa bertumbuh sesuai potensi yang ada.

"Ke depan, kita harus meningkatkan upaya mendorong investasi," kata Darmin di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Selasa (8/8/2017).

Darmin mengatakan sektor investasi atau Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB) telah memperlihatkan kinerja yang positif pada triwulan II-2017 karena adanya investasi berupa bangunan, kendaraan dan peralatan lainnya.

Untuk itu, pemerintah akan memberikan perhatian lebih untuk meningkatkan kinerja sektor investasi pada triwulan berikutnya dengan menerbitkan paket kebijakan ekonomi jilid XVI mengenai kemudahan berusaha.

"Kita sedang menyiapkan paket besar yang menyangkut semua KL dan pemda dengan fokus mempercepat pelaksanaan investasi karena selama ini deregulasi di lapangan masih dikeluhkan terlalu lambat," kata Darmin.

Darmin mengharapkan penerbitan paket kebijakan ekonomi ini bisa mempercepat pertumbuhan PMTB hingga mendekati enam persen pada akhir tahun.

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat kinerja Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB) memberikan kontribusi terhadap ekonomi pada triwulan II-2017 untuk tumbuh sebesar 5,01% (year on year).

Kepala BPS Kecuk Suhariyanto menjelaskan investasi berupa bangunan pada periode ini tumbuh seiring dengan meningkatnya aktivitas pada sektor konstruksi seperti pembangunan infrastruktur.

Selain itu, investasi juga didukung oleh realisasi belanja modal pemerintah pusat pada APBN 2017 sebesar Rp35,7 triliun atau meningkat 4,36% dibandingkan periode sama tahun lalu.

"Membaiknya investasi juga disebabkan oleh penjualan kendaraan industri yang menjadi barang modal seperti pick up dan truk yang tumbuh positif year on year sebesar 20,4 persen," kata Kecuk.

Kecuk menambahkan nilai impor alat angkutan dan peralatan lainnya yang meningkat pada periode ini dibandingkan triwulan II-2016, ikut memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan investasi pada triwulan II-2017.

Secara keseluruhan, PMTB tercatat tumbuh sebesar 5,35% pada triwulan II-2017 atau lebih baik dari konsumsi rumah tangga 4,95%, ekspor 3,36%, impor 0,55%, bahkan konsumsi pemerintah yang tumbuh negatif 1,93%. [tar]

 
x