Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 22 Oktober 2017 | 18:45 WIB

Akademisi: Tahun Ini Ekonomi Sulit Tumbuh

Oleh : M Fadil Djailani | Jumat, 11 Agustus 2017 | 07:18 WIB
Akademisi: Tahun Ini Ekonomi Sulit Tumbuh
(Foto: Ilustrasi)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Dekan dan Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, Ari Kuncoro memperdiksi tahun 2017 pertumbuhan ekonomi Indonesia akan sulit mencapai target APBN-P 2017 yang sebesar 5,2%.

Dia bilang pertumbuhan ekonomi Indonesia hanya sekitar 5,1% saja pada tahun ini. "Agak sulit, tapi proyeksi sekitar 5,1%," kata Ari di Jakarta, Kamis (10/8/2017).

Banyak faktor kata Ari yang menyebabkan ekonomi Indonesia kurang berakselarasi pada tahun ini, diantaranya konsumsi masyarakat yang sedikit lambat, ekspor impor yang juga mengalami pertumbuhan yang lambat, hingga pemangkasan anggaran pada sektor-sektor yang mempengaruhi pertumbuhan.

"Pemotongan anggaran itu jangan diarahkan terlalu tajam dan juga jangan pada sektor yang mempunyai dampak pada kinerja pertumbuhan ekonomi," katanya.

Ari menambahkan, naiknya pertumbuhan ekonomi baru mulai terasa dua tahun lagi atau pada tahun 2019, lantaran hampir sebagian besar proyek infastruktur yang saat ini sedang dibangun akan selesai, sehingga sedikit mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia lebih cepat. "Di 2019 kalau proyek infrastruktur sudah selesai dan kelihatan," katanya. [hid]

Tags

Komentar

 
x