Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 25 September 2017 | 16:57 WIB

UMI Jadi Andalan Menkeu Tingkatkan Akses Keuangan

Oleh : M Fadil Djailani | Senin, 14 Agustus 2017 | 21:00 WIB
UMI Jadi Andalan Menkeu Tingkatkan Akses Keuangan
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Bogor - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mencanangkan program pilot project pembiayaan untuk masyarakat kecil atau yang disebut Kredit Ultra Mikro (UMI).

Kerjasama ini melibatkan lintas kementerian seperti dengan Kementerian Sosial (Kemensos), Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop-UKM), Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), serta Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo).

"Di bawah 10 juta pinjamannya Ibu disini. Saya lihat antara 2 juta, 3-4 juta, 7 juta. Itu yang selama ini tidak tersentuh oleh kredit usaha rakyat. Ini yang kita sebut pakai UMI. Kalau UMI bahasa Arabnya adalah Ibu. Kebetulan ini semua peminjamnya Ibu-ibu karena Ibu-ibu biasanya kalau pinjam rapi, ya kan?," kata Sri Mulyani dalam acara bertajuk Sinergi Kementerian dalam Mengangkat Ekonomi Rakyat Melalui Inklusi Keuangan di Desa Angin Pasir, Mega Mendung, Kabupaten Bogor, melalui keterangannya, Senin (14/8/2017).

Sri Mulyani bilang, negara hadir dalam kehidupan rakyat dalam berbagai bentuk. Ada yang melalui subsidi, kredit UMI, kredit usaha rakyat maupun dalam bentuk Program Keluarga Harapan (PKH).

"Jadi, saya berharap supaya Ibu-ibu sekalian ini makin guyub. Supaya kalau guyub itu saling membantu, hubungan sosialnya makin kuat. Itu yang disebut aset sosial. Itu yang disebut masyarakat yang kuat," katanya.

"Ekonominya dibangun, masyarakatnya rukun, saling membantu, saling peduli dan itu yang membuat negara kita menjadi kuat. Jadi, dalam hal ini negara hadir dalam bentuk bantuan melalui uang-uang pajak yang kita kumpulkan," tambahnya.

Di akhir pidatonya, mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini menyampaikan apresiasi atas sinergi antar kementerian dalam upaya mengangkat ekonomi rakyat melalu inklusi keuangan. "Terimakasih atas kerjasama yang sangat-sangat baik pada hari ini. Semoga upaya kita untuk membangun Indonesia dengan memperkuat rakyat sehingga mereka mampu berdiri di atas kaki sendiri mendapatkan selalu ridho dan berkah Allah SWT," katanya. [fdl]

 
x