Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 18 November 2017 | 02:23 WIB

Pidato Kenegaraan, Jokowi Pastikan Utang Aman

Oleh : Muhammad Fadil Jailani | Rabu, 16 Agustus 2017 | 17:35 WIB
Pidato Kenegaraan, Jokowi Pastikan Utang Aman
Presiden Joko Widodo (Jokowi) - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Dalam pidato kenegaraannya terkait penyampaian Rancangan Undang-Undang (RUU) Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2018 beserta nota keuangannya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan bahwa kondisi utang negara yang mencapai Rp3.165 triliun masih cukup aman bagi kondisi ekonomi dalam negeri.

Jokowi mengatakan bahwa utang-utang yang telah dilakukan dirinya bersama dengan para Menteri Kabinet Kerja, semata-mata untuk membangun infastruktur yang saat ini gencar dilakukan.

"Pemerintah akan terus menjaga pengelolaan utang secara hati-hati dan bijaksana untuk menghasilkan dampak positif pembangunan yang maksimal yang manfaatnya dapat dinikmati masyarakat luas," kata Jokowi dalam rapat paripurna di Gedung MPR DPR, Rabu (16/8/2017).

Meski dengan perluasan pembangunan yang ekspansif lanjut Jokowi selama periode 2015-2017, rasio utang dan defisit terhadap PDB dijaga tetap terkendali.

"Rasio utang terhadap PDB tetap berada di bawah 30% dan defisit APBN di bawah 3%. Pemerintah juga akan terus mengurangi defisit primer sehingga kesehatan dan keberlanjutan fiskal selalu dapat terjaga," katanya.

Dengan defisit yang relatif kecil, Jokowi bilang dibanding negara-negara anggota G-20 maupun emerging countries lainnya dan pertumbuhan ekonomi Indonesia relatif lebih tinggi, itu menunjukkan bahwa tambahan utang Indonesia telah menghasilkan peningkatan skala dan produktivitas ekonomi nasional. [jin]

Komentar

 
x