Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 21 September 2017 | 08:38 WIB

Jokowi Coba Yakinkan Utang RI Aman

Oleh : M Fadil Djailani | Kamis, 17 Agustus 2017 | 02:02 WIB
Jokowi Coba Yakinkan Utang RI Aman
Presiden Joko Widodo (Jokowi) - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan kondisi utang negara yang mencapai Rp3.165 triliun masih cukup aman bagi kondisi ekonomi nasional.

Hal tersebut terungkap Dalam pidato kenegaraannya terkait penyampaian Rancangan Undang-Undang (RUU) Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2018 beserta nota keuangannya, di Gedung MPR DPR, Rabu (16/8/2017).

Jokowi mengatakan utang-utang yang telah dilakukan dirinya bersama dengan para Menteri Kabinet Kerja, semata-mata untuk membangun infastruktur yang saat ini gencar dilakukan. "Pemerintah akan terus menjaga pengelolaan utang secara hati-hati dan bijaksana untuk menghasilkan dampak positif pembangunan yang maksimal yang manfaatnya dapat dinikmati masyarakat luas," jelas Jokowi.

Meski dengan perluasan pembangunan yang ekspansif lanjut Jokowi selama periode 2015-2017, rasio utang dan defisit terhadap PDB dijaga tetap terkendali. "Rasio utang terhadap PDB tetap berada di bawah 30% dan defisit APBN di bawah 3%. Pemerintah juga akan terus mengurangi defisit primer sehingga kesehatan dan keberlanjutan fiskal selalu dapat terjaga," katanya.

Dengan defisit yang relatif kecil, Jokowi bilang dibanding negara-negara anggota G-20 maupun emerging countries lainnya dan pertumbuhan ekonomi Indonesia relatif lebih tinggi, itu menunjukkan bahwa tambahan utang Indonesia telah menghasilkan peningkatan skala dan produktivitas ekonomi nasional. [hid]

 
Embed Widget

x