Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 23 November 2017 | 16:30 WIB

Inilah 3 Kebijakan Utama dalam RAPBN 2018

Oleh : M Fadil Djailani | Rabu, 16 Agustus 2017 | 18:11 WIB
Inilah 3 Kebijakan Utama dalam RAPBN 2018
Presiden Joko Widodo (Jokowi) - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan Rancangan Undang-Undang Anggaran Pendapatan Belanja Negara (RUU APBN) 2018 disusun berdasarkan 3 kebijakan utama oleh para anak buahnya yang tergabung dalam kabinet kerja.

Hal tersebut dikatakan Jokowi dalam penyampaian RAPBN 2018 dengan nota keuangannya, saat rapat paripurna di Gedung DPR MPR Jakarta, Rabu (16/8/2017).

Ketiga hal tersebut kata Jokowi adalah Pertama, mendorong optimalisasi pendapatan negara melalui peningkatan rasio pajak serta optimalisasi pengelolaan sumber daya alam dan aset negara.

Kedua, melakukan penguatan kualitas belanja negara melalui peningkatan kualitas belanja modal yang produktif, efisiensi belanja non prioritas seperti belanja barang dan subsidi yang harus tepat sasaran, sinergi antara program perlindungan sosial, menjaga dan refocusing anggaran prioritas seperti infrastruktur, pendidikan, kesehatan, serta penguatan kualitas desentralisasi fiskal untuk pengurangan kesenjangan dan perbaikan pelayanan publik.

Ketiga, kebijakan keberlanjutan dan efisiensi pembiayaan, yang dilakukan melalui pengendalian defisit dan rasio utang, defisit keseimbangan primer yang semakin menurun, dan pengembangan creative financing, seperti melalui skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha atau KPBU.

Selaras dengan kebijakan fiskal jangka menengah, maka tema kebijakan fiskal tahun 2018 adalah Pemantapan Pengelolaan Fiskal untuk Mengakselerasi Pertumbuhan Ekonomi yang Berkeadilan. [hid]

Komentar

 
x