Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 23 September 2017 | 12:30 WIB

Kerja Sama Migas, Pertamina Belajar dari CNOOC

Oleh : Uji Sukma Medianti | Jumat, 18 Agustus 2017 | 09:09 WIB
Kerja Sama Migas, Pertamina Belajar dari CNOOC
Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Elia Massa Manik - (Foto: Inilahcom/Uji Sukma)
facebook twitter

INILAHCOM, Boyolali - Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Elia Massa Manik bilang, perlu strategi yang cerdas untuk menciptakan ketersediaan energi secara independen.

Dijelaskan Massa, secara internal dirinya sudah membuat roadmap produksi migas untuk delapan hingga sepuluh tahun ke depan dengan cara strategi partner. "Kita akan menerapkan strategi partner, sama seperti yang dilakukan negara produksi energi. Misalnya China dengan CNOOC itu tidak menjadi operator 90%, dia menjadi operator 10%, Jepang juga begitu," jelas Massa di Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM), Boyolali, Jawa Tengah, Kamis (17/8/2017).

Massa, sapaan akrabnya bilang, negara sebesar China saja, tidak hanya mencari energi di dalam negeri. Namun hingga ke luar negeri. Dalam hal ini, diperlukan strategi lain yang cerdas.

Dalam hal ini, diperlukan kerja sama dalam mencari sumber energi dari luar negeri. Menurutnya, untuk mencari sumber energi dari luar tidaklah perlu selalu menjadi operator.

"Kalau operator anda harus mayoritas, kenyataan tidak begitu, contoh Exxon saja 50% engga operator, dia ikut dia dapat barang, Inpex, (perusahaan)Jepang juga begitu, hampir 65% menjadi non operator," ungkap Massa. [ipe]

 
Embed Widget

x