Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 19 September 2017 | 18:39 WIB

Amankan Proyek KA Cepat, Bank China Incar Kantor

Oleh : - | Sabtu, 19 Agustus 2017 | 10:11 WIB
Amankan Proyek KA Cepat, Bank China Incar Kantor
(Foto: Inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Menko Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan menyebut, China Development Bank (CDB) berencana membuka kantor perwakilan di Indonesia.

"Ya, tadi bertemu dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Ini menyangkut rencana CDB yang akan buka kantor di sini," ujar Luhut di Kantor Kemenko Kemaritiman, Jakarta, Jumat (18/8/2017).

CDB adalah lembaga keuangan yang memfasilitasi pinjaman China untuk proyek kereta cepat Jakarta-Bandung. Tentunya, rencana CDB punya kantor di Indonesia, tentu saja aladannya adalah proyek kereta cepat Jakarta-Bandung yang sempat tersendat-sendat.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo sempat mengatakan adanya lembaga keuangan asing ingin membuka kantor perwakilan di Indonesia. Tentunya pemerintah sangat mendukung apalagi kalau ada keterkaitan dengan pembiayaan proyek infrastruktur yang dicanangkan Presiden Joko Widodo.

"Kalau seandainya ada lembaga keuangan yang ingin mendukung kegiatan pembiayaan di Indonesia dan kalau mereka ingin membuka perwakilan resmi di sini, kami mendukung. Kami memang harus terus memfasilitasi sumber-sumber pembiayaan tersebut," ujar Agus.

Proyek kereta cepat Jakarta-Surabaya membutuhkan biaya hingga US$5,1 miliar. Atau setara Rp67,8 triliun dengan kurs Rp13.300/US$. Dan, CDB menanggung pembiayaan 75% dari total investasi, 25% lainnya berasal dari modal perusahaan konsorsium PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC). [tar]

 
x