Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 21 Oktober 2017 | 21:07 WIB

Tekad Sri Mulyani Buru Pajak E-Commerce

Oleh : M Fadhil Djaelani | Senin, 21 Agustus 2017 | 17:09 WIB
Tekad Sri Mulyani Buru Pajak E-Commerce
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati - (Foto: Inilahcom/Didik Setiawan)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati bakal getol mengejar penerimaan pajak khususnya bagi pebisnis e-commerce. Lantaran potensi bisnis ini sangat menjanjikan.

Namun sebelum itu, mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini bilang, kajian yang mendalam terkait pemungutan pajak ini masih dilakukan oleh timnya. "Sebenarnya bisa lebih terdeteksi dibandingkan transaksi secara konvensional," kata Sri Mulyani di Kantornya, Jakarta, Senin (21/8/2017).

Namun ada hal yang sulit dijangkau, kata Sri Mulyani, yakni transaksi perdagangan berbasis daring atau e-commerce yang dilakukan antar negara. Sistem dan model yang baik terkait pengenaan pajak bisnis online, masih terus dipelajari. "Di negara besar seperti Indonesia, seperti Australia, pemiliknya di mana, jualnya di mana, pajaknya gimana? Bagian penerimaan ini akan jadi bagian yang dinamis," kata Sri Mulyani.

Ketua Tim Reformasi Perpajakan Kementerian Keuangan, Suryo Utomo mengatakan, pihaknya memahami adanya pola pergeseran transaksi masyarakat dari konvensional ke online. Dalam waktu dekat, diharapkan bisa diperoleh model yang tepat untuk pengenaan pajak tersebut. "Semoga tidak terlalu lama kami bisa definisikan model transaksi dan bagaimana memajaki," kata Suryo. [uji]

Komentar

 
x