Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 22 Oktober 2017 | 17:07 WIB

Benarkah Lahan Proyek Meikarta Lippo 500 Hektar?

Oleh : M Fadhil Djaelani | Rabu, 23 Agustus 2017 | 04:29 WIB
Benarkah Lahan Proyek Meikarta Lippo 500 Hektar?
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Tak hanya soal perizinan yang menggelayuti megaproyek kota baru Meikarta garapan Lippo Group. Soal kepemilikan lahan seluas 500 hektar diduga bermasalah. Benarkah Meikarta punya lahan seluas itu?

"Faktanya dari data, di sana ada perkampungan, ada sawah juga di sana, saya enggak tahu juga, itu milik siapa. Faktanya masih banyak hak atas tanah di sana. Cukup banyak mungkin 30%," kata Direktur Jenderal Pengendalian Pemanfaatan Ruang dan Penguasaan Tanah Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR), Budi Situmorang di Kantor Ombudsman, Jakarta, Selasa (22/8/2017).

Budi bilang para pengembang Meikarta tidak elok, jika terus melakukan pembangunan kawasan cikarang tersebut dengan embel-embel memiliki lahan seluas 500 hektar, padahal belum tentu Meikarta memiliki lahan tersebut.

Apalagi kata Budi, lahan-lahan yang dimiliki Meikarta pada areal tersebut terdiri dari banyak anak perusahaan Lippo Group, meskipun sah-sah saja namun administrasi pemanfaatan lahan akan semakin runyam ditingkat Kabupaten Bekasi lokasi proyek tersebut, karena banyakknya kepemilikan lahan.

"Jadi harus diselesaikan dulu, bahkan teman-teman kami sudah panggil teman-teman Meikarta. Mana master plannya, dimana batas tanahnya, itu yang belum putus," katanya. [uji]

Komentar

 
x