Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 23 September 2017 | 12:34 WIB

Proyek Meikarta Milik Lippo Hanya Bermodalkan IPPT

Oleh : M Fadil Djailani | Rabu, 23 Agustus 2017 | 07:29 WIB
Proyek Meikarta Milik Lippo Hanya Bermodalkan IPPT
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Mungkin banyak yang tak tahu, dibalik gemerlapnya pembangunan megaproyek Meikarta Cikarang senilai Rp278 triliun, hanya bermodalkan Izin Perubahan Penggunaan Tanah (IPPTK).

Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Daryanto dalam diskusi di kantor Ombudsman RI, Jakarta, Selasa (22/8/2017). "Izinnya juga hanya untuk lahan seluas 84,6 hektar," kata Daryanto.

Daryanto menyebutkan, untuk izin yang lain-lain, seperti analisa mengenai dampak lingkungan (Amdal), dan Izin Mendirikan Bangunan (IMB), belum dimiliki Lippo Group sebagai pengembang Meikarta Cikarang. Kabarnya Lippo baru akan mengajukan ke Pemkab Bekasi. "Penyusunan kerangka amdal dan lain-lain baru mau diajukan kepada Pemkab Bekasi," kata Daryanto.

Selain itu kata Daryanto, pihaknya juga sedang menunggu rekomendasi dari Pemprov Jawa Barat, untuk mengeluarkan izin-izin lebih lanjut, terkait proyek ini "Kami sedang menunggu jawaban dari Gubernur Jawa Barat." katanya.

Asal tahu saja Izin Perubahan Penggunaan Tanah (IPPT) adalah izin peruntukan penggunaan tanah yang wajib dimiliki orang pribadi yang akan mengubah peruntukan tanah pertanian menjadi non pertanian guna pembangunan rumah tempat tinggal pribadi/perseorangan, dengan ukuran seluas-luasnya 5000 m2 (lima ribu meter persegi).

Dengan kata lain proyek Meikarta baru sebatas untuk merubah lahan yang awalnya adalah tempat pertanian/persawahan menjadi bangunan permanen atau hunian, bukan justru untuk melakukan pembangunan fisik. [ipe]

 
x