Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 18 Februari 2018 | 05:59 WIB
 

Kendaraan Listrik Lebih Murah Ketimbang Pakai BBM

Oleh : Uji Sukma Medianti | Kamis, 24 Agustus 2017 | 01:00 WIB
Kendaraan Listrik Lebih Murah Ketimbang Pakai BBM
(Foto: ilustrasi)

INILAHCOM, Jakarta - PT Perusahaan Listrik (PLN) mengklaim penggunaan kendaraan bertenaga listrik lebih efisien. Berapa hitung-hitungannya?
Manajer Niaga PLN Distribusi Jakarta Raya (Disjaya), Leo Basuki, menerangkan untuk bisa mengisi satu motor listrik full tank dibutuhkan 3 hingga 3,5 kWh. "Kendaraan listrik punya nilai keunggulan yakni lebih efisien," kata Leo di Museum Listrik dan Energi Baru, TMII, Jakarta, Rabu (23/8/2017).
Dia menjabarkan, sebesar 0,5 kWh listrik bisa menempuh jarak 80 km. Maksudnya, harga tiap kWh adalah Rp1.647. Selain hemat, lanjut Leo, motor listrik tidak butuh knalpot dan ganti oli. Disamping itu, motor listrik juga dinilai ramah lingkungan karena mesin motor akan mati bila terjebak kemacetan. "Saat macet mesin ikut mati. Minimal tidak mengeluarkan asap. Dari situ, saya pikir ini unggul," ujarnya.
Leo menjelaskan untuk mendukung kendaraan listrik, pihaknya juga sudah menyediakan infrastruktur berupa Stasiun Penyedia Listrik Umum (SPLU) di Jakarta.
Saat ini sudah terpasang 545 titik SPLU di Jakarta sejak awal diluncurkan pada Agustus 2016. Sedianya PLN Disjaya mentargetkan bakal ada 1.000 titik SPLU di Jakarta hingga akhir tahun 2017. [fdl]

Komentar

 
Embed Widget

x