Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 22 Januari 2018 | 16:53 WIB
 

Ribuan Hama Serang 51 Ha Lahan Padi di Langkat

Oleh : - | Kamis, 24 Agustus 2017 | 10:00 WIB
Ribuan Hama Serang 51 Ha Lahan Padi di Langkat
(Foto: Inilahcom/Ilustrasi)

INILAHCOM, Langkat - Ribuan hama menyerang lahan tanaman padi seluas 51,7 hektar milik petani di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Organisme pengganggu tanaman, antara lain berupa blas, penggerek batang, kresek, dan siput murbei.

"Serangan hama itu, terutama berada di berbagai kecamatan namun sudah diupayakan untuk coba mengatasinya di lapangan dengan cara pemberian obat-obatan," kata Kordinator Pengamat Organisme Pengganggu Tanaman Dinas Pertanian Langkat, Miswandi di Stabat, Kamis (24/8/2017).

Ia menjelaskan serangan terluas dari hama tanaman itu, berupa blas seluas 18,9 hektar yang terparah di Kecamatan Brandan Barat mencapai 8,5 hektar, Sei Lepan 4 hektar, Bahorok 1,9 hektar, Pangkalan Susu 2 hektare, Pematang Jaya 1,5 hektar, dan Hinai 1 hektar.

"Kita sudah turun ke lapangan bersama petugas penyuluh pertanian termasuk juga para petani di sana untuk melakukan penanggulangan dan pengendalian dengan memberikan fungisida sesuai dengan anjuran untuk mengantisipasi akan tidak semakin luas," katanya.

Selain itu, ada juga OPT berupa penggerek batang seluas 8,7 hektar di Brandan Barat, Bahorok, Selesai, dan Batang Serangan, kresek seluas 7,8 hektar di mana terluas di Kecamatan Hinai 2,8 hektar.

Serangan siput murbei seluas 4,5 hektar, hama putih palsu 3,7 hektar, kepinding tanah 3,1 hektar, walang sangit lima hektar, tikus 0,5 hektar, dan wereng cokelat 0,5 hektar.

Ia mengatakan upaya pengendalian serangan hama sedang dilakukan oleh petani dan petugas penyuluh pertanian di lapangan dengan pengutipan, perangkap umpan untuk siput murbei, dengan sanitasi, pengumpanan beracun untuk tikus.

Untuk hama lainnya dilakukan dengan penggunaan bakterisida, fungisida, insektisida sesuai dengan anjuran.

"Serangan hama yang terjadi pada tanaman padi petani itu dari realisasi tanam yang sudah dilakukan sekarang ini seluas 45.479 hektar," katanya. [tar]

Komentar

 
x